CEGAH KEKOSONGAN FORMASI… Tiga Provinsi Usulkan Penerimaan CPNS Serentak

597 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pelaksanaan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2009 masih menunggu keputusan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Sejumlah provinsi menyatakan penyelenggaraan ujian penerimaan CPNS nantinya dilakukan serentak di berbagai daerah. Untuk tahun ini, Provinsi Riau sendiri masih menunggu keputusan jadwal CPNS dari BKN.

“Tiga provinsi mengajukan kepada BKN agar penerimaan CPNS dilakukan serentak pada tahun ini. Usulan tersebut telah dinyatakan oleh Riau, Kepri dan Sumatera Barat pada rapat koordinasi teknis penerimaan CPNS di Otorita Batam awal bulan Agustus silam,”ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau Zaini Ismail melalui Kabid Kepegawaian Kaharuddin, Selasa (25/8/09) di Pekanbaru.

Usulan penerimaan CPNS secara serentak ini berdasar pengalaman tahun tahun silam yang merugikan formasi CPNS. Dimana sejumlah CPNS melakukan ujian atau tes dua kesempatan dalam satu kali penerimaan pada tahun yang sama. Keadaan yang merugikan formasi CPNS terjadi jika seseorang lulus ujian CPNS pada setiap daerah yang diikutinya.

“Jadi kejadian ini setiap tahun hampir terjadi pada penerimaan CPNS yang tidak serentak, termasuk di Riau. Contoh kasusnya seperti seorang yang ikut tes CPNS di Pemprov, karena waktunya berbeda, ia juga ikut tes CPNS di daerah. Saat pengumuman, dia dinyatakan lulus di dua lamaran tersebut. Sehingga harus ada formasi yang ditinggalkannya untuk memilih SK satu di antara dua,”ungkap Kaharuddin.

BKD menilai, keputusan BKN untuk menjadwalkan waktu penerimaan CPNS mengalami pertimbangan berbagai hal. “Mungkin dalam waktu dekat BKN akan mengirim jadwal penerimaan CPNS. Bisa saj BKN sedang melakukan berbgai pertimbangan, salah satunya adanya usulan penerimaan CPNS serantak tersebut, waktu puasa dan lainnya,”jelas Kaharuddin.(Surya)

Posting Terkait