Calon Praja IPDN Lulus Tanpa Tes Dibatalkan

756 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pengumuman calon praja IPDN mendapat bantahan dari sejumlah peserta. Seorang calon Praja IPDN asal Riau diumumkan lulus oleh pengumuman Mendagri yang terpampang di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Jumat (7/8/09) ini. Seorang siswa yang mengaku ikut tes IPDN dan mengenal nama yang tidak ikut tes tersebut langsung memberitahu sekretariat BKD Riau.

Kepala BKD Riau Zaini Ismail mengakui adanya kekeliruan tersebut. Sehingga BKD langsung menginformasikan hal tersebut ke pihak Depdagri.

“Kita hanya menempelkan data yang dinyatakan lulus oleh Depdagri. Saat ini mereka telah menyatakan bahwa ada kesalahan dan memperbaikinya. Dengan perbaikan ini, maka hanya 48 orang calon praja asal Riau yang berlanjut ke tes Pantukhir ke IPDN Jatinangor tahun ini,”ungkap Zaini Ismail.

Dari data yang tertera, praja yang dinyatakan lulus sebelumnya itu atas nama Kartini Edni dengan nomor ujian 04410030. Hal ini diketahui setelah adanya pengakuan seorang calon praja yang mengenal dekat dengan Kartini menyatakan heran dengan pengumuman tersebut.

“Dia teman sekelas dan sam ikut tes IPDN tahun ini. Jangankan berhasil masuk pada tahap akademik, pada tes kesehatan saja dia tidak lulus waktu itu,”ungkapnya kepada RiauInfo.

Kepala BKD Riau Zaini Ismail menegaskan, hal ini merupakan kelalaian dari pihak pusat. Kesalahan ini bisa saja terjadi akibat adanya human eror di tinggkat pendataan. Sehingga BKD Riau langsung menghubungi pihak Depdagri dan hasilnya mereka menyatakan bahwa calon praja atas nama Kartini Edni asal Riau tersebut memang tidak lulus tes akademik.

“Mungkin ada kesalahan dari petugas di pusat. Namanya manusia tentu ada kesilapan,”terang Zaini.(Surya)

Posting Terkait