Calon Anggota KPUD Riau Lulus Administrasi Akan Diumumkan

615 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Perebutan kursi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Riau 2008-2013 telah memasuki tahap pertama. Tahap administrasi ini akan diumumkan pada 27 hingga 29 Februari mendatang. Sedikitnya 67 calon akan gugur dari 77 yang positif mendaftar di KPUD Riau menjelang tahap seleksi terakhir.

Tim seleksi yang terdiri dari 5 orang sedang memeriksa kelayakan administrasi dari pendaftar sebanyak 77 orang tersebut. Menurut A. Rachman Aman yang menjabat kepala bagian program dan teknis penyelenggara KPUD Riau, tes tersebut adalah tanggung jawab dari tim seleksi sepenuhnya.

“Tim seleksi akan menetapkan 10 orang calon dari 77 yang mendaftar. 10 calon tersebut akan mereka kirimkan ke KPU Pusat sehingga KPU pusat akhirnya menetapkan 5 orang calon untuk menjabat KPUD Riau periode 2008-2013 nantinya,”terang Rachman kepada wartawan, Jumat (22/02) di Pekanbaru.

Setelah lulus tes administrasi ini, para calon juga akan melewati tiga tahap seleksi selanjutnya, antara lain tes seleksi Tertulis, seleksi Asesmen Psikologi dan tes terakhir adalah seleksi Wawancara bagi para calon. Setiap tahap seleksi akan mengurangi jumlah peserta yang mendaftar tersebut hingga akhirnya 10 orang akan diajukan oleh KPUD Riau ke KPU Pusat.

Menurut Rachman, tahun ini semua pemilihan anggota KPU serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Hal ini terkait dengan pelaksanaan Pilpres (Pemilihan Presiden) pada 2009 mendatang. Agar tidak terjadi bentrokan jadwal dengan Pilpres 2009, maka proses pemilihan anggota KPU seluruh daerah diserentakkan.

Demikian juga halnya pemilihan kepala daerah (Pilkada) seperti di Riau akan berlangsung pada September 2008 mendatang. Kecuali bagi daerah yang setuju pengunduran Pilkada di daerahnya akan melangsungkan Pilkada selepas Pilpres 2009 tersebut.(Surya)

 

Posting Terkait