Bus Air “Senapelan” Akan Beroperasi Empat Hari dalam Sepekan

869 views

bus air lagiPEKANBARU (RiauInfo) – Ternyata bus air “Senapelan” yang merupakan hibah Kementerian Perhubungan RI kepada Pemprov Riau dan dikelola oleh Pemko Pekanbaru tidak beroperasi penuh setiap harinya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Aripin harahap dalam keterangannya Kamis (29/10) mengatakan bus ini hanya beoperasi empat hari dalam sepekan yakni Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu.

Dia mengatakan, bus ini akan melayani masyarakat umum sejak pagi pukul 10.)) WIB sampai sore hari. Adapun rute yang dilewatinya adalah Pelabuhan Sungai Duku, Pelabuhan Pelindo, Meranti Pandak atau Kampung Bandar, PLTU Tenayan Raya dan Pelabuhan Melebung.

Aripin mengatakan untuk operasional bus air ini pihaknya telah menganggarkan dana sebesar Rp 700 juta untuk tidak bulan. Dana ini termasuk untuk keperluan subsidi ongkos angkutan sebesar Rp 40 ribu per penumpang.

Untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan, saat ini berbagai fasilitas pendukung telah tersebut, seperti tempat penjualan tiket dan pelabuhan. Sedangkan pengelolaannya dilakukan oleh UPTD Pelabuhan.

Bus air senilai Rp2,2 miliar ini punya spesifikasi panjang 15,2 meter, lebar 4 meter, dan bobot kapal 31 ton dengan kecepatan 15-25 knot. Untuk membawa bus air ini dari njakarta ke Pekanbaru dibutuhkan waktu tempat 3 hari.(ad)

Posting Terkait