Burhanudin Dinilai Berjasa Atas Perhatian Dan Pembinaan BUMD Di Kabupaten Kampar

590 views

BANGKINANG (RiauInfo) – Bupati Kampar H Burhanuddin Husin telah ditetapkan sebagai Kepala Daerah terbaik Nasional sebagai Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tahun 2010 oleh Majalah Business Review Jakarta.


Penghargaan ini diberikan kepada Bupati Kampar H Burhanuddin Husin atas jasanya dalam memberikan perhatian dan pembinaan BUMD di daerahnya serta eksistensi Bupati dalam menumbuh kembangkan BUMD sehingga berhak menerima penghargaan yang diserahkan pada malam penganugerahan BUMD & CEO BUMD Award tahun 2010 di Jakarta baru-baru ini dan diserahkan oleh salah satu deputi senior BUMD Seluruh Indonesia Basuki.

Penghargaan ini layak diberikan kepada Bupati Kampar menyusul atas keberhasilan Bank Sarimadu menjadi BUMD terbaik Nasional yang berhasil memboyong tiga penghargaan sekaligus yaitu untuk kategori Kinerja Keuangan, Human Kapital dan The best BPR tahun 2010.

Menteri Dalam Negeri H Gumawan Fauzi yang diwakili oleh Dirjen Keuangan Daerah Yuswandi A Tumanggung mengatakan, bahwa keberadaan BUMD sesungguh dapat menjadi lokomotif pembangunan daerah, untuk itu BUMD dituntut mampu melakukan persaingan usaha dalam berproduksi dan penguasaan pasar.

” BUMD dapat memberi kontribusi langsung terhadapat pendapat asli daerah (PAD) meskipun secara Nasional porsinya masih sangat rendah dimana secara totalitas kurang dari 5 % . Berdasarkan data statistic ungkap Yuswandi tercatat 64 % dari jumlah BUMD dimiliki oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, hanya 14 % kepemilikannya oleh Pemerintah Propinsi,” ujar Yuswandi.

Diakui Yuswandi, ditengah sorotan tajam keberadaan BUMD yang ada, eksistensinya cenderung merugi, ternyata dari hasil kajian yang dilakukan salah satu media bisnis ternyata masih banyak BUMD yang mampu menjadi lokomotif pembangunan didaerah, sehingga pantas kepadanya diberi penghargaan.

Bupati Kampar H Burhanuddin Husin usai menerima penghargaan sebagai the best Pembina BUMD terbaik Nasional tahun 2010 mengatakan, bahwa sesungguhnya penghargaan ini diperoleh berkat kerja keras semua pihak, baik Pemerintah daerah sebagai pemilik,juga adanya kinerja yang bagus dari PD.BPR Sarimadu serta dukungan semua komponen masyarakat yang merasa memiliki Bank Sarimadu ini.

Kepada jajaran Bank Sarimadu Bupati menyampaikan apresiasi, dan mengajak kiranya apa yang sudah diperoleh akan dapat dipertahankan dan ditingkatkan dimasa yang akan datang, dan jangan cepat puas dengan apa yang telah dicapai.

Kinerja Bank Sarimadu dan Keberhasilannya hingga tingkat Nasional ini dapat dicontoh dan menjadi motivasi untuk berbuat lebih baik lagi bagi perusahaan daerah yang lainnya yang ada di daerah ini, sehingga BUMD yang akan dapat membantu dan berkontribusi bersama Pemerintah Daerah untuk melaksanakan Pembangunan.(arief)

Posting Terkait