Burhanuddin : Pengentasan Kemiskinan Harus Segera Dituntaskan

581 views

KAMPAR UTARA (RiauInfo) – “Kita berhadapan dengan berbagai masalah yang harus dituntaskan sesegera mungkin seperti pengentasan kemiskinan yang merupakan permasalahan yang bukan saja dihadapi oleh Kabupaten Kampar tetapi juga merupakan persoalan bangsa Indonesia,” ujar Bupati Kampar H Burhanuddin Husin.


Ini sangat perlu untuk mengimbangi perkembangan zaman baik dari pembangunan infrakstruktur, sumber daya manusia (SDM) dan tingkat kesejahteraan masyarakat. Burhanuddin menyampaikan kepada wartawan usai menghadiri acara sepeda santai dan bedah rumah di Desa Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara, Jum’at (24/12/2010) kemarin.

Acara Sepeda Santai dan Bhakti Sosial, Bedah Rumah ini adalah dalam rangka memeriahkan HUT KORPRI ke-39 tahun 2010 di Kabupaten Kampar, HUT Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) ke-53 dan HUT TNI AD ke-65 tahun 2010, sekaligus kerjasama dengan KODIM 0313/KPR, PMI dan KOSEKA, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Kampar. Acara ini dilaksanakan di Lapangan Sekolah Dasar (SD) 013 Desa Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara.

“Saat ini untuk angka kematian ibu melahirkan dan bayi cukup tinggi, makanya untuk itu dibutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat bersempena dengan adanya acara Sepeda Santai dan Bhakti Sosial, Bedah Rumah dalam Rangka Hari Ulang Tahun KORPRI ke-39 dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) ke-53 serta Hari Ulang Tahun TNI AD ke-65”, papar Bupati. “Acara yang benar-benar menyentuh hati masyarakat melalui berbagai kegiatan diharapkan dapat terus dilanjutkan karena merupakan perwujudan kebersamaan dan mampu saling memotivasi antara masyarakat dan Pemerintah Daerah untuk membantu mencari solusi dalam setiap tantangan atau permasalahan yang dihadapi demi pembangunan disegala bidang yang kita laksanakan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kampar ini”.

Hadir pada saat acara tersebut Ketua DPRD Kampar H Syafrizal, Ketua PKBI provinsi Riau H M Azali Johan berserta rombongan, Pendiri dan juga Pembina KOmunitas SEpeda KAmpar (KOSEKA) serta Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kampar H Zulher, Dandim 0313/KPR Letkol Inf H Edi Sutrisno, Anggota DPRD Kampar Safi’I Samosir, Catur Sugeng Susanto, Repol dan Staf Ahli, Asisten, Kepala Badan, Dinas, Kantor, Kepala Bagian dilingkungan Setdakab Kampar, Camat Kampar Utara Syaifullah, seluruh Anggota KOSEKA, serta masyarakat Desa Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara.

Pada kesempatan tersebut Ketua PKBI provinsi Riau H M Azali Johan mengatakan sinkronisasi antara pembangunan dan perkembangan jumlah penduduk harus dapat disesuaikan atau di imbangi agar tingkat kesehatan, Sumber Daya Manusia (SDM), kesejahteraan masyarakat, serta pembangunan infrakstruktur dapat sejalan dengan baik tanpa menggangu kelestarian alam sekitarnya. “Sehingga kita dapat menciptakan generasi-generasi yang mampu memberikan pola pikir yang baik pula di masa yang akan datang dengan cara selalu membimbing regenerasi tersebut agar dapat menyesuaikan perkembangan zaman sehingga nantinya tidak terpengaruh oleh berbagai pola pikir yang menyesatkan mereka diantaranya pengaruh narkoba, serta penyakit masyarakat lainnya,” kata Azali.

Azali Johan dalam kesempatan itu juga memberikan apresiasi kepada pelaksanaan kegiatan sosial ini karena selain silahturahmi juga sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat sehingga masyarakat tersebut benar-benar mengerti tentang beberapa aspek kehidupan dalam rangka kepedulian pemerintah terhadap masyarakat.

Ketua pelaksana acara, H Zulher, mengatakan, “Berbagai kegiatan yang dilaksanakan diantaranya sepeda sehat dan santai yang mana pelakasanaannya didukung oleh KODIM 0313/KPR dan KOSEKA Kampar dengan Doorprize yang cukup menarik. Sepeda sehat merupakan olah raga yang mampu membugarkan tubuh kita sembari dalam peningkatkan stamina kerja sehari-hari dan dapat dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat yang bertujuan agar masyarakat selalu sehat jasmani, rohani serta mampu meningkatkan silaturahmi antar sesama masyarakat karena apabila masyarakat sehat nantinya akan mampu mencerdaskan generasi penerus dan dapat membangun daerah yang lebih maju lagi”.

Bedah Rumah disponsori oleh KORPRI dan KODIM 0313/KPR meliputi 2 unit rumah yaitu di Kelurahan Langgini Kecamatan Bangkinang dan di Desa Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara.

Pengobatan Gratis dan Donor Darah dilaksanakan oleh PMI dan Puskesmas Kecamatan Kampar Utara dan PMI Kabupaten Kampar dilengkapi dengan pelayanan dan pemberian alat kontrasepsi kepada calon Aseptor. Kegiatan ini bekerjasama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kampar dan PKBI provinsi Riau serta Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar.

Pada kesempatan ini Zulher mengucapkan selamat Ulang Tahun Korpri ke-39 dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) ke-53 serta Hari Ulang Tahun TNI AD ke-65, “Semoga ditahun ini kesinergian antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar dan TNI AD serta PKBI dapat mencipatkan Masyarakat yang benar-benar Sehat dan sejahtera”.

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kampar turut serta memberikan bingkisan kepada pemilik rumah yang akan dibedah berupa seperangkat peralatan dapur. Sedangkan anggota DPRD Provinsi Riau Hj Rosvanida memberikan baju khusus Drum Band siswa/i Sekolah Dasar 013 Kecamatan Kampar Utara.

Pencabutan undian berhadiah (doorprize) oleh Bupati Kampar H Burhanuddin Husin, Ketua PKBI Provinsinsi Riau H M Azali Johan, Ketua DPRD Kampar H Syafrizal, H Zulher, DanDdim 0313/KPR Letkol Inf H Edi Sutrisno. (arief)

Posting Terkait