Bupati Rohil Resmikan Pemakaian Tiga Ruang Kelas SDN 029 Sintong

960 views

PEKANBARU (RiauInfo): Bupati Rokan Hulu, diwakili Asisten I Bupati Rokan Hilir Drs H. Syafruddin Masri Kamis (23/12) meresmikan pemakaian tiga ruang kelas SDN 029 Sintong, Kecamatan Tanah Putih, yang dibangun BPMigas-PT Chevron Pacific Indonesia (CPI).


Acara peresmian ini dihadiri oleh beberapa pejabat pemerintah serta unsur Upika seperti Camat Tanah Putih, Penghulu Sintong, tokoh masyarakat Sintong, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Tanah Putih, Kepala Dinas Pendidikan Rohil serta Komite Sekolah.

Pembangunan ini merupakan inisiatif CPI setelah sebelumnya melihat kondisi sekolah yang cukup memprihatinkan. Ruang-ruang kelas SD Negeri 029 ini sebelumnya berdinding papan dan berlantai tanah. Yang paling mengkhawatirkan adalah letak sebagian bangunan sekolah yang berada di bawah jaringan listrik CPI. Hal ini sangat berisiko bagi keselamatan semua yang berada di lingkungan sekolah tsb.

Oleh karena itu, saat membangun gardu listrik Ketigul (Kelok, Tilan, Gulamo) CPI memindahkan tiga ruang kelas ke sisi lain dari SD itu yang berjarak aman dari fasilitas CPI. Selain melengkapi kelas-kelas tersebut dengan 120 buah meja kursi, CPI meratakan tanah di halaman sekolah demi keselamatan dan kenyamanan warga belajar.

Pembangunan ruang kelas, perataan tanah halaman sekolah dan pembuatan meja kursi sekolah) itu dilakukan melalui program LBD (Local Business Development atau Pengembangan Usaha Tempatan). Hal itu dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat Desa Sintong yang tergabung dalam program LBD CPI.

Bantuan pendidikan dan LBD adalah bagian dari tiga fokus program Pelibatan Masyarakat Chevron yang meliputi akses terhadap kebutuhan dasar manusia, pendidikan dan pelatihan, serta pengembangan ekonomi kecil dan menengah.

“Tujuan semua itu adalah menciptakan pertumbuhan ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat dan investasi sumberdaya manusia,” kata Manager–PGPA (Policy, Government and Public Affairs) Duri Bekasap, Syaifuddin Abdullah.(ad/rls)

 

Posting Terkait