Bupati Pelalawan Resmikan SMU Plus Taruna Andalan Riaupulp

764 views

news5948PEKANBARU (RiauInfo) – Setelah berhasil mencetak lulusan-lulusan terbaik, kini Yayasan Kerinci Citra Kasih (YKCK) mendirikan sekolah baru. Kali ini, sekolah yang didirikan adalah Sekolah Menengah Umum (SMU) yang diberi nama SMU Plus Taruna Andalan.

Peresmian gedung dan pembukaan SMU Plus tersebut pun dilaksanakan Selasa (5/8) kemarin. Gedung tersebut diresmikan langsung oleh Plt Bupati Pelalawan Rustam Effendi yang kemudian dilanjutkan dengan penandatangan prasasti disaksikan oleh para undangan antara lain Ketua DPRD HM Harris, Kapolres Pelalawan Wawan Setiawan, Wakil Kepala Dinas Pendidikan Pelalawan Bandrio, Kepala Sekolah dari berbagai sekolah yang ada di Pangkalan Kerinci, para guru, orang tua/wali murid dan para siswa Taruna Andalan. 

Sementara itu, jajaran manajemen Riaupulp yang hadir diantaranya Presiden APRIL SK Mittal, Manager Public Relation Riaupulp Nandik Sufaryono, Manager SGI Riaupulp Yusuf Wibisono, YKCK Advisor Rashanta, Ketua YKCK Bumantara Gani, Ketua IWARA Azrina Rudi Fajar beserta jajaran manajemen Riaupulp lainnya. 

Dengan didirikannya SMU Plus tersebut, maka bertambah pula sekolah yang berada di bawah naungan YKCK. Kini, ada 18 sekolah yang berada di bawah naungan YKCK yaitu 10 Taman Kanak-kanak (TK), 5 Sekolah Dasar (SD), dan 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Untuk siswa SMU Plus, dari 60 calon siswa yang mendaftarkan diri, ada sekitar 32 orang siswa yang berhasil terjaring melalui tes masuk SMU tersebut.

Ketua YKCK Bumantara Gani, menyampaikan sekolah tersebut dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai seperti gedung yang representatif, berbagai laboratorium seperti fisika, biologi dan laboratorium bahasa. Para siswa SMU Plus tersebut juga akan mendapatkan mata pelajaran bahasa inggris dan bahasa mandarin. Mereka juga disuguhkan dengan vocational training dan life skill.

“Kami berharap sekolah ini menjadi sekolah unggulan karena sekolah ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai, seperti laboratorium fisika, biologi, kimia, bahasa dan para siswa juga dibekali dengan vocational training dan life skill. 

Dengan adanya vocational training dan life skill mereka dituntut untuk mempraktekkan langsung ilmu-ilmu yang mereka dapat di bangku sekolah. 

Hal ini juga dimaksudkan agar jika ada siswa yang tidak ingin atau tidak mampu melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, mereka sudah dibekali berbagai ilmu yang dapat mereka gunakan pada dunia kerja.,” ujarnya saat memberikan kata sambutan. 

Sementara itu, Yusuf Wibisono dalam sambutannya mewakili manajemen Riaupulp menuturka, pendirian gedung SMU Plus tersebut merupakan wujud kepedulian Riaupulp terhadap dunia pendidikan di Bumi Lancang Kuning. 

Ini merupakan bentuk kepedulian Riaupulp terhadap dunia pendidikan di Riau. Dengan berbagai fasilitas yang memadai dan mendukung kita harapkan para siswa dalam dua atau tiga tahun ke depan sudah mampu bertarung di panggung prestasi akademik maupun prestasi non akademik baik ditingkat provinsi, nasional bahkan internasional. 

“Kami berharap agar kepedulian Riaupulp ini bisa menjadi pemicu bagi pihak-pihak lain agar turut berpartisipasi dalam membangun dunia pendidikan Riau khususnya di Kabupaten Pelalawan,” ujarnya. 

Ia juga menambahkan pembangunan disuatu daerah tidak akan berjalan baik dan lancar jika pendidikan di daerah tersebut belum baik/mapan, sehingga yang patut terlebih dahulu dibangun dan diperbaiki adalah kualitas pendidikannya.

Pada kesempatan yang sama, Plt Bupati Pelalawan Rustam Effendi juga turut berharap perusahaan-perusahaan maupun instansi lainnya turut memajukan pendidikan di Pelalawan. 

“Kita jangan hanya menumpukan persoalan pendidikan kepada Dinas Pendidikan semata, namun ini merupakan masalah kita bersama, karena pendidikan merupakan hal yang berkesinambungan. Jadi permasalahan seputar pendidikan tidak akan pernah ada habisnya, oleh karena itu mari kita bangun pendidikan Pelalawan ini bersama,” harapnya. 

Dalam acara peresmian tersebut, siswa-siswi Taruna Andalan mempersembahkan rangkaian acara yang menarik, mulai dari Senam Ceria II yang dibawakan oleh anak-anak TK Taruna Andalan, Tarian Massal, Marching Band yang dibawakan oleh siswa-siswi SMP Taruna Andalan, hingga pameran hasil karya seni siswa-siswi Taruna Andalan.(ad)

Posting Terkait