Bupati Nilai TRC Sudah Bekerja Maksimal Untuk Padamkan Karhutla

692 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Bupati Bengkalis H Syamsurizal menilai upaya yang telah dilakukan tim reaksi cepat (TRC) Bapedalda, regu pemadam kebakaran (RPK) Kecamatan Bukit Batu dan pihak terkait lainnya untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Kecamatan Bukit Batu, sudah maksimal.

Hal itu disampaikan Syamsurizal usai meninjau lokasi kebakaran di Kecamatan Bukit Batu, Senin (25/2) siang. Turut mendamping bupati meninjau lokasi kebakaran di Desa Sepahat Kecamatan Bukit Batu itu, antara lain Kadis Kimpraswil H Kairussani, Camat Bukit Batu Basuki Rahmad dan mantan camat Bukit Batu M Fadli.

“Meskipun apa yang dilakukan TRC, RPK dan berbagai pihak seperti PT Arara Abadi tersebut tidak mampu menahan kian meluasnya Karhutla yang terjadi, namun upaya yang mereka lakukan itu sudah maksimal,” nilai Syamsurizal seraya memberikan apresiasi atas upaya mereka tersebut.

Dikatakan Syamsurizal sebagaimana dilaporkan Kabag Humas Pemkab Bengkalis, Johansyah Syafri, untuk memadamkan kobaran api tersebut, TRC, RPK dan pihak terkait lainnya sudah berjuang sekuat tenaga dengan segala kemampuan, peralatan, serta keahlian yang mereka miliki.

“Akan tetapi, karena angin bertiup cukup kencang ditambah dengan kondisi lahan yang terbakar merupakan lahan gambut yang kering, menyebabkan api dengan mudah menjalar dan meluas, sehingga sulit dan tidak dapat mereka kendalikan,” katanya seraya menambahkan sebagian lokasi kebakaran memang sulit dijangkau petugas.

Pada bagian lain Syamsurizal kembali mengingatkan dan meminta masyarakat dan semua pihak untuk tidak membakar lahan dengan alasan dan atau untuk kepentingan apapun. “Selain hal itu dapat dikenakan sanksi pidana, dampaknya juga sangat besar serta merugikan masyarakat.banyak,” pesannya.(ad)

Posting Terkait