Bupati Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

854 views

Peringati Harkannas 2014

BENGKALIS (RiauInfo)- Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-I yang jatuh setiap tanggal 21 November, Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh ajak seluruh lapisan masyarakat supaya lebih gemar mengkonsumsi ikan.

“Mari kita konsumsi ikan, karena ikan memiliki banyak keunggulan. Selain mudah didapat, ikan sebagai bahan pangan sehat yang mudah diproduksi dan bergizi tinggi,” ajak Herliyan Saleh saat membuka Harkannas di halaman kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis, Jl. Pertanian, Jum’at (21/11/2014).

Selain menggalakkan gemar makan ikan, sambung Herliyan, Harkannas juga merupakan momentum untuk memperkuat komitmen seluruh lapisan masyarakat terhadap pengembangan perikanan di wilayah kabupaten Bengkalis, salah satunya pengembangan ikan yang menjadi ciri khas Bengkalis, terubuk.

“Sangat kita sayangkan karena ikan terubuk saat ini susah kita dapatkan, padahal ikan ini menjadi ikon negeri kita yaitu Bengkalis sebagai kota Terubuk”, ungkap Herliyan.

Lebih lanjut Bupati bergelar Datuk Setia Amanah Junjungan Negeri ini mengungkapkan, keberadaan ikan terubuk di perairan Bengkalis semakin mengkhawatirkan.

“Sangat disayangkan, sebab ikan terubuk lebih mudah didapatkan di restoran-restoran negeri tetangga, seperti Malaysia. Menu berbahan ikan ini mereka jual dengan harga yang bervariasi. Bisa saja ikan yang mereka jual adalah terubuk dari perairan Bengkalis”, ujar Herliyan lagi.

Oleh karenanya, Bupati intruksikan instansi terkait dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan untuk mengambil langkah konkrit terhadap kelangsungan ikan terubuk.

Terkait pelaksanaan Harkannas, Bupati juga meminta untuk tahun kedepan Harkannas tidak hanya diperingati seremonial semata, namun lebih banyak melibatkan masyarakat luas. “Misalnya menyelenggarakan bakar ikan masal”, imbuhnya.

Usai membuka secara resmi, Bupati beserta tamu undangan berkesempatan untuk mencicipi berbagai hidangan yang semuanya berbahan dasar ikan.

Selain Kabag Humas Setdakab Johansyah Syafri, tampak hadir Asisten I H Amir Faisal, sejumlah Forkopimda, sejumlah kepala SKPD lingkup Pemkab Bengkalis, Ketua TP. PKK Kabupaten Bengkalis Hj Romaini Herliyan, Ketua Himpaudi Hj Fatimah Johar Suayatno, Ketua DWP Hj Gustina Yanti Burhanuddin, dan perwakilan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kabupaten Bengkalis.

Posting Terkait