Bulan Ini Radioteraphy Pengobatan Kanker Sudah Bisa Difungsikan

721 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Ini kabar gembira bagi para penderita kanker di Riau. Dalam waktu dekat ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad akan memiliki alat radiotherapy untuk pengobatan penyakit kanker. Dengan demikian penderita kanker yang perlu di radiotherapy tidak perlu lagi ke Jakarta. 

Direktur RSUD Arifin Achmad dr Mursal Amir mengatakan, saat ini pembangunan gedung dan pengadaan alat-alatnya dalam tahap finishing. “Kemungkinan dalam bulan ini sudah selesai dan bisa langsung dioperasikan,” ungkapnya.

Dikatakannya, dalam menyelesaikan proyek ini, yang cukup lama adalah dalam hal bunker termasuk perizinannya. Dikatakannya bahwa pembangunan kemarin terkendala pada pengeluaran izin dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) yang langsung bertanggung jawab kepada badan tenaga atom internasional (IAEA).

Disebabkan kendala perizinan itulah maka pembangunannya sedikit terlambat. Saat ini, ujarnya, bunker penyimpanan alat-alat radioteraphy pengobatan kanker dengan lokasi di jalan mustika ini sudah mendekati tahap finish dan dalam waktu dekat sudah dapat dioperasikan.

Disebutkannya bahwa untuk hal ini terdapat dua hal, yakni yang menggunakan radio aktif atau menggunakan pobal dan ada juga yang menggunakan linex yang tak menggunakan radio aktif. Untuk radiotherapy kanker di RSUD Arifin Achmad ini menurutnya tak menggunakan radio aktif melainkan dari energi listrik.

Dengan hanya menggunakan listrik, maka menurut Mursal, radiasi hanya terjadi pada saat dilakukan pengobatan saja, saat alat ini diaktifkan untuk mematikan sel kanker. Itupun jangkauannya terbatas. Ini berbeda dengan penggunaan radio aktif yang terus dapat memancarkan radiasi.(Ad)

 

Posting Terkait