Bulan Depan Riau Terimbang Krisis Ekonomi Dunia

606 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Diperkirakan krisis ekonomi global yang terjadi saat ini bakal mempengaruhi Riau pada bulan depan. Pasalnya Amerika sebagai pusat krisis termasuk negara tujuan ekspor terbesar Riau, terutama untuk sektor migas dan non migas. 

Hal ini menjadi headline Tribun Pekanbaru edisi Jumat (10/10) berjudul “Bulan Depan Riau Terimbas“. Mengutip pernyataan Direktur Eksekutif Kadin Riau Muhammad Herwan mengatakan imbas kenaikan suku bunga yang berujung pada kenaikan berbagai suku bunga membuat roda perekonomian Riau melamban terutama sektor jasa dan perdagangan.

Namun demikian Presiden SBY minta masyarakat untuk tidak panik terhadap kondisi krisis ekonomi global itu. Hal ini penting agar dampak dari semua masalah sektor finansial ini bisa diminimalkan. Berita itu berjadi headline Riau Mandiri berjudul “Presiden: Tak Perlu Sda Kepanikan“.

Berita yang sama juga jadi headline Riau Pos berjudul “Rakyat Tidak Perlu Panik“. Dalam berita ini disebutkan Presiden SBY memastikan sistem di pemerintahan telah bekerja untuk meminimalkan dampak krisis global tersebut terhadap perekonomian nasional.

Praktek pungli yang dilakukan oknum masyarakat di jalur alternatif Riau-Sumbar via Pulau Godang menjadi berita utama Pekanbaru Pos hari ini. Dalam berita berjudul “Pungli di 16 Titik” disebutkan Bupati Kampar telah memerintahkan Satpol PP dan Dihub untuk menertibkan para pelaku pungli.

Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus ALS dan sepeda motor di Km 2 Kecamatan Bangko Raya menjadi berita utama Pekanbaru MX hari ini. Dalam peristiwa ini dua pengendara sepeda motor yang juga mahasiswa Unri mengalami luka berat dan kondisinya kritis. Berita berjudul “Ditabrak Bus, Mahasiswa Unri Kritis“.

Sementara itu Media Riau berita utamanya hari ini tentang rapat evaluasi APBD Riau tahun 2008 yang digelar kemaren untuk mengetahui realisasi APBD Riau tahun 2008. Dalam rapat itu diketahui realisasi APBD Riau ternyata masih 49,5 persen. Berita itu berjudul “Realisasi APBD Riau Baru 49,5 Persen“.

Topik yang sama juga jadi headline Koran Riau berjudul “Realisasi Fisik Baru 49,5 Persen“. Harian ini menyebutkan kondisi belum memuaskannya realisasi fisik APBD 2008 ini dikarenakan masih ada 10 SKPD yang realisasi fisiknya masih di bawah 50 persen.

Sedangkan Metro Riau berita utamanya hari ini tentang rencana akan dibukanya kegiatan di Bursa Saham setelah sempat ditutup dua hari kemaren. Keputusan ini disampaikan langsung Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam keterangan persnya kemaren. Berita berjudul “Bursa Saham Dibuka Hari Ini“.(Ad)

 

Posting Terkait