BUKAN ANCAMAN PELAYARAN… Perairan Riau, Kepri dan Selat Melaka Aman

620 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Gelombang laut perairan Provinsi Riau serta Selat Melaka dinyatakan aman dari gelombang pasang, Sabtu (27/6/09) ini. Keadaan itu menyusul ketinggian gelombang maksimum hanya kurang dari satu meter di sejumlah perairan Provinsi Riau dan Selat Melaka yang padat jalur pelayaran tersebut..

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru menyatakan, perairan Selat Melaka hanya mengalami gelombang yang kurang dari satu meter. Sedangkan perairan Bengkalis, Dumai, Selat Panjang dan pesisir Riau bagian Selatan lainnya hanya mengalami gelombang berkisar 0,75 meter hingga 1 meter. Begitu juga dengan gelombang perairan Batam, Tanjung Pinang dan Selat Singapura Provinsi Kepulauan Riau hanya berkisar 0,75 meter hingga 1,25 meter.

Kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, gelombang pasang sering terjadi akibat tekanan rendah dari Laut Cina Selatan dan Samudera Pasifik. Sementara ini gejala tekanan rendah belum mempengaruhi perairan Riau dan Kepualaun Riau. BMKG menyatakan tinggi gelombang yang kurang dari satu meter aman bagi pelayaran, termasuk bagi kapal-kapal kecil yang sering dibawa nelayan melaut.(Surya)

Posting Terkait