BPBD Riau Bersiap Hadapi Bencana Banjir

875 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Musim hujan yang kini sedang melanda Riau dikhawatirkan akan menimbulkan bencana banjir di kawasan ini. Saat ini saja di sejumlah wilayah di Riau sudah mulai dilanda banjir seperti di Rokan Hulu, indragiri Hulu dan Indragiri Hilir serta Rokan Hilir. Bahkan akibat curah hujan yang tinggi, sedikitnya 900 hektar lahan pertanian warga Rokan Hilir terancam gagal panen karena tanaman rusak terendam banjir. Kondisi ini terjadi di Kecamatan Pekaitan, Bangko, Sinaboi, dan Kubu.

Guna mengantisipasi dampak bencana banjir itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau telah melakukan antisipasi guna membantu para korban banjir. Saat ini BPBD tengah menginventarisir daerah-daerah yang sedang dilanda banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Said Saglul Amri melalui Sekretaris BPBD Riau, Kaifi Azmi Senin (18/11) di Pekanbaru menyebutkan, invetarisasi itu dilakukan dengan meminta daerah untuk membuat laporan. “Ini diperlukan untuk mengetahui kondisi banjir yang terjadi serta proses penanganannya,” ungkapnya.

Disebutkannya, dari laporan yang masuk inilah nantinya akan diputuskan apakah perlu diturunkan tim ke lokasi bencana banjir. Sebab penanganan banjir harus melalui tahapan dan mekanisme yang berlaku, yang amana penanganan awal terlebih dahulu dilakukan oleh pemerintah setempat.

Disebutkannya, bagaimanapun bencana banjir ini harus dilakukan sebaik mungkin agar jangan sampai ada korban banjir yang terlantar tidak tertangani. “Kita akan bekerja keras dalam menangani para korban banjir ini,” tegasnya lagi.(ad)

Posting Terkait