Bocah Pembersih Kuburan Panen Menjelang Ramadhan

865 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Para bocah yang sering mangkal di perkuburan umum di Pekanbaru untuk menawarkan jasa membersihkan kuburan panen menjelang bulan Ramadhan ini. Sebab banyak peziarah datang ke komplek perkuburan memerlukan jasa mereka.

Seperti yang terlihat di Kompleks Perkuburan Jalan Lokomotif Pekanbaru, para bocah itu tidak henti-hentinya bekerja membersihkan kuburan. Setelah selesai di kuburan yang satu, pihak ke kuburan yang lain, dan begitu selanjutnya.

“Lumayan bang, hari ini saya sudah mengumpulkan uang Rp35 ribu,” ungkap Bakar (17) salah seorang bocah itu. Dia mengaku datang ke kuburan mulai jam 14.00 Wib, atau setelah pulang dari sekolah. Datang ke komplek kuburan ini dengan bermodalkan parang dan cangkul.

Dia menjelaskan, bekerja sebagai pembersih kuburan hanya setiap menjelang bulan Ramadhan saja. Biasanyanya seminggu menjelang bulan Ramadhan sudah mangkal di kuburan menunggu peziarah menggunakan jasanya untuk membersihkan kuburan.

Disebutkannya, mulai hari Senin (17/8) kemaren orang sudah banyak datang ke kuburan. Semakin dekat bulan Ramadhan biasanya orang yang datang ke kuburan semakin ramai pula. “Begitu pula dengan uang yang kami peroleh akan semakin meningkat,” jelasnya.

Hal yang sama juga dikatakan Robert (15) bocah pembersih kuburan di Komplek Perkuburan Jalan Sumbersari, Pekanbaru. Bocah kelas 3 di sebuah SMP di Pekanbaru ini ikut kecipratan rejeki juga menjelang bulan Ramadhan.

Dia mengatakan dalam sehari bisa mendapatkan uang antara Rp20 ribu sampai Rp30 ribu. Bahkan semakin mendekati bulan Ramadhan, uang yang didapatkan makin besar, bisa mencapai Rp50 ribu sehari. “Lumayan bang, bisa untuk belanja an membeli pulsa handphone,” ujarnya.(ad)

Posting Terkait