BMG Tangkap Peluang Puting Beliung di Riau

560 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) stasiun Pekanbaru mendapatkan gejala angin kencang rawan terjadi di Riau Senin (6/10) ini. Gejala itu menyusul udara panas siang ini dan peluang hujan relatif tinggi pada sore dan malam hari. Bahkan angin kencang diperkirakan akan mmencapai kekuatan Puting Beliung. 

“Sangat perlu mewaspadai gejala angin kencang di Riau hari ini. Karena angin kencang kerap terjadi setelah udara panas siang diterpa oleh hujan pada sore atau malam harinya. Temperatur relatif tinggi mencapai 32 Derjat hari ini,”terang staf analisa BMG Pekanbaru, Ardhitama mewakili kepala BMG Blucer Dolog Saribu, Senin (6/10) di Pekanbaru.

BMG juga mendapatkan peluang hujan relatif merata di wilayah Riau. Seperti wilayah Riau bagian Barat, Utara dan Tengah. Wilayah Riau Barat dan Utara seperti Rohul, Kuansing, Rohil akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada sore atau malam ini.

Sedangkan Riau bagian Tengah seperti kota Pekanbaru dan sebagian Kampar dan Siak akan mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada sore atau malam ini. Dengan tingginya curah hujan dalam satu pekan terakhir, BMG juga tidak mendapatkan laporan titik api akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau dan Sumatera umumnya hari ini.(Surya)

Posting Terkait