BMG Laporkan 658 Titik Karhutla Menyala di Sumatera

592 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Ratusan titik kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menyebar ke beberapa provinsi di wilayah Pulau Sumatera Sabtu (20/09) ini. Termasuk provinsi Riau sendiri, sedikitnya 9 provinsi wilayah Sumatera tercatat sebagai korban Karhutla tersebut. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan hasil rekaman satelitNational Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menangkap 377 titik api menyala di wilayah Sumatera Selatan. Menyusul 99 titik menyebar di wilayah provinsi Jambi dan 70 titik lagi berada di provinsi Riau sendiri.

Di provinsi Bangka Belitung titik api juga menyala sebanyak 49 titik dan 41 titik berada di wilayah provinsi Lampung. Sedangkan 10 titik api menyebar di wilayah provinsi Bengkulu. Beranjak ke provinsi Sumatera Barat menanggung 9 titik dan 2 titik lagi menyala di wilayah Sumatera Utara. Tidak ketinggalan dengan provinsi kepulauan Riau mempunyai 1 titik api. Sehingga jumlah Karhutla di wilayah pulau Sumatera menjadi 658 titik hari ini.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Slamet Riyadi mengatakan, musim hujan sedikit terganggu oleh cuaca dari negara tetangga Philipina. Dimana badai trhopis di negara Panda Putih itu menyedot massa udara wilayah Indonesia termasuk wilayah Sumatera. Sehingga udara kering dan peluang hujan kian menipis terjadi di wilayah Sumatera umumnya dua hari terakhir ini.

Titik Karhutla Sumatera Jumat (19/09) Kemarin;
Dari catatan BMG Pekanbaru, Karhutla mulai menjamur sejak Jumat (19/09) kemarin di wilayah Sumatera. Dimana jumlahnya mencapai 607 titik menyebar di 10 wilayah provinsi. Seperti di provinsi Riau sendiri menyala 107 titik. Menyusul Aceh 4, Sumut 14, Sumbar 16 dan Bengkulu 15 titik.

Sementara 54 titik berada di wilayah Provinsi Jambi. Sedangkan Lampung mempunyai 12 titik dan 19 titik berada di wilayah Bangka Belitung. Provinsi Sumatera Selatan tercatat sebagai provinsi terbanyak Karhutla dengan 366 titik. Sehingga jumlah Karhutla di Sumatera menjadi 607 titik Jumat (19.09) kemarin.(Surya)

Posting Terkait