BMG: Hujan Ringan Merata Melanda Wilayah Riau

682 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru mendapatkan gejala hujan ringan berpeluang luas melanda wilayah provinsi Riau, Senin (13/10) ini. Menyusul hujan tersebut, kebakaran hutan dan lahan pun tidak ada sama sekali di Riau hari ini. 

Menurut Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, peluang hujan dengan intensitas ringan di Riau malam ini terjadi dengan waktu yang relatif lama di sejumlah wilayah.

BMG juga memperkirakan intensitas hujan kian meningkat dengan durasi relatif lama tersebut terjadi menjelang tengah malam hingga dini hari nanti. Sementara itu, tempertaur udara maksimum siang tadi relatif tinggi mencapai 33 Derjat Celsius di Riau. Namun, akibat hujan berintensitas ringan dan sedang yang juga turun sejak Minggu malam kemarin menekan jumlah titik kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau hari ini.

Selain provinsi Riau, sejumlah wilayah provinsi lainnya di Sumatera juga mengalami keadaan yang tidak jauh berbeda sejak kemarin. Sehingga, Satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) juga tidak menangkap satu titik api pun menyala di wilayah Pulau Sumatera hari ini.

 

Posting Terkait