Besok Ribuan Warga Pekanbaru Ikuti Upacara Ritual “Petang Megang”

663 views
news2373PEKANBARU (RiauInfo) – Ribuan warga Pekanbaru, Rabu besok (12/9) akan tumpah ruah dibawah Jembatan Siak I untuk mengikuti upacara ritual menyambut bulan Ramadhan “Petang Megang”. Saat ini tenda untuk keperluan upacara yang dihadiri Gubernur Riau Rusli Zainal dan Walikota Pekanbaru Herman Abdullah sudah didirikan.

Keterangan yang dihimpun RiauInfo, Selasa (11/9) rangkaian upcara ritual itu akan dimulai sekutar pukul 14.00 Wib dengan diawali sholat Zhuhur berjemaah di Mesjid Raya yang merupakan mesjid tertua di Pekanbaru. Setelah itu acara dilanjutkan dengan ziarah ke makam Sultan Abdul Jalil Alamuddinsyah yang merupakan tokoh pendiri Pekanbaru.

Makam Sultan Abdul Jalil Alamuddinsyah yang juga dikenal sebagai Marhum Bukit itu berada di sebelah kanan Mesjid Raya. Makamnya berjejer dengan makam raja-raja lainnya yang ada di dalam gedung khusus makam raja-raja. Sedangkan di luar gedung masih ada sejumlah makam lainnya, yang merupakan keluarga dan kerabat Sultan.

Usai berziarah, dengan berjalan kaki sepanjang lebih kurang 1,6 km, rombongan menuju tempat diselenggarakannya upacara puncak “Petang Megang” di bawah Jembatan Siak. Disinilah warga melakukan mandi bersuci bersama dengan menggunakan berbagai ramuan yang lebih dikenal sebagai “Mandi Balimau”.(Ad)



Foto Lainnya:

  

 

Posting Terkait