Besok, Menteri ESDM Resmikan Produks1 Pertama NDD

507 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro direncanakan Rabu (26/11) besok akan meresmikan produksi minyak pertama dari Area 12 proyek North Duri Development (NDD). Proyek NDD yang merupakan pengembangan lanjutan dari Lapangan Duri ini diharapkan dapat memacu kembali produksi minyak Lapangan Duri. 

Koordinator Media Relations PT CPI Tiva Permata mengatakan laangan Minyak Duri merupakan lokasi penerapan proyek injeksi uap terbesar di dunia. Lapangan minyak dengan luas 18 kilometer x 8 kilometer ini ditemukan pada tahun 1941 dan mulai beroperasi pada tahun 1958.

Sebelum penerapan teknologi injeksi uap, hasil minyak bumi dari Lapangan Duri pernah mencapai puncaknyapada tahun 965 dengan produksi 65.000 barel per hari. Sejak itu produksi minyak menurun terus dengan laju 13 persen per tahun.

“Setelah sukses dalam uji coba, CPI akhirnya memutuskan untuk menggunakan teknologi injeksi uap yang diusung dari salah satu lapangan minyak Chevron di California. Penerapannya ke seluruh lapangan Duri secara dramatis meningkatkan produksi sebesar 300.000 barel per hari pada tahun 1994,” jelasnya.

Proyek ini membuktikan bagaimnana teknologi, keunggulan operasi dan pengelolaan sumberdaya yang tepat secara positif engubah masa depan lapangan minyak yang sudah menurun produksinya.(ad)

Posting Terkait