Berhalangan Ujian, 84 Siswa di Pekanbaru Ikut UN Susulan 28-30 April Mendatang

PEKANBARU (RiauInfo) – Panitia Ujian Nasional (UN) masih memberikan toleransi kepada peserta UN yang berhalangan untuk melaksanakan UN pada 22-24 April lalu. Mereka masih diberi kesempatan mengikuti ujian susulan yang akan digelar 28-30 April mendatang.

Dari data yang ada diketahui dari 12.325 siswa kelas SMA sederajat di Pekanbaru, sebanyak 84 siswa diantaranya terpaksa harus mengikuti ujian susulan tersebut. Ke-84 siswa ini tidak bisa mengikuti UN karena mengalami berbagai halangan, dan umunnya disebabkan sakit.

Mereka itu berasal dari SAM sebanyak 28 orang, SMK sebanyak 55 orang, dan MA sebanyak 1 siswa. “Kita akan berikan kesempatan mereka mengikuti ujian susulan, namun soal ujiannya tidak sama dengan UN yang telah dilakukan,” ujar Ketua Panitia Ujian Rayon Kota Pekanbaru, Drs H Addauri.

Ujian susulan yang akan mereka ikuti pada 28 hingga 30 April mendatang itu tidak di masing-masing sekolah siswa bersangkutan, melainkan dikumpulkan di masing-masing sub rayon. Bagi siswa yang berhalangan mengikuti ujian pada 22-24 April lalu dengan alasan sakit, harus melampirkan surat keterangan dari dokter.

Saat pelaksanaan ujian, pengawasan dilakukan dengan sistem silang dan dipantau oleh tim monitoring seperti yang telah tertera dalam petunjuk teknis pelaksanaan UN. “Jadi meski hanya ujian susulan, namun pengawasan yang ketat tetap diberlakukan,” tambahnya.(Ad)



Rizki: