BENGKALIS TERBANYAK TITIK API… Kebakaran Kembali Gerogoti Wilayah Riau

PEKANBARU (RiauInfo) – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali menggerogoti wilayah Provinsi Riau, Jumat (13/02/2009) ini. Sedikitnya 5 titik api tercatat menyebar di sejumlah daerah Provinsi Riau. Kabupaten Bengkalis mengalami Karhutla terbanyak dibanding daerah lainnya di Riau. 

Berdasar satelit National Oceanic and Atmospheric Administration(NOAA) 18, BMG Stasiun Pekanbaru melaporkan, wilayah Kabupaten Bengkalis mengalami tiga titik kebakaran hutan dan lahan.

Menyusul wilayah kabupaten Rokan Hilir dengan satu titik api. Sedangkan wilayah Kota Dumai juga mempunyai satu titik. Sehingga jumlah Karhutla menjadi 5 titik di wilayah Riau hari ini.

Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru Blucer Dologsaribu melalui staf analisa Marzuki mengatakan, tenperatur tinggi mencapai 33,7 Derjat Celsius dan cuaca cerah berawan telah membuka peluang penyulutan titik api di Riau hari ini.

Sementara, peluang hujan juga masih berkurang. Untuk wilayah Riau, BMG hanya mencatat gejala hujan ringan hingga sedang akan terjadi di Riau bagian Tengah, Selatan dan sebagian wilayah Barat Provinsi Riau, pada rentang waktu sore atau malam hari nanti.(Surya)

Rizki: