Bengkalis Raih Terbaik III Pengelolaan Kearsipan di Riau

PEKANBAU (RiauInfo) – Bupati H Syamsurizal memberikan apresiasi atas kinerja jajaran Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip (KPUA) Kabupaten Bengkalis. Apresiasi itu diberikan atas keberhasilan KPUA meraih predikat terbaik III dalam pengelolaan kearsipan di lingkungan Pemprov Riau.

“Jadikan keberhasilan itu sebagai motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja dalam pengelolaan kearsipan. Sehingga keberhasilan yang sudah diraih itu, bukan saja dapat dipertahankan, tetapi juga dapat ditingkatkan,” harap Syamsurizal kepada seluruh jajaran KPUA Bengkalis.

Pada bagian lain, mengingat pentingnya arti arsip, baik itu arsip dinamis maupun statis dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan yang berfungsi sebagai dokumen pertanggungjawaban pemeirntah, Syamsurizal mengingatkan agar setiap SKPD dapat mengelolanya dengan sebaik mungkin.

Sebagaimana disampaikan Kabag Humas Pemkab Bengkalis, Johansyah Syafri kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Rabu (19/3), Bupati Bengkalis mengatakan, Pemkab Bengkalis sudah mengeluar pedoman bagi setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tentang bagaimana mengelolah arsip dengan baik.

Yaitu melalui Peraturan Bupati Bengkalis No 06 Tahun 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Tata Kearsipan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Dan, peraturan tersebut sudah disampaikan ke masing-masing SKPD. “Dalam mengelola arsip, masing-masing SKPD mempedomani peraturan itu,” harap Syamsurizal.

Pada bagian lain, Syamsurizal meminta kepala setiap kepala SKPD agar benar-benar dapat menjaga dokumen kepemerintahan yang ada di lingkungan kerja dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, dihubungi secara terpisah, Kepala KPUA Kabupaten Bengkalis, R Simarmata membenarkan jika Kabupaten Bengkalis berhasil meraih predikat terbaik III dalam pengelolaan kearsipan di lingkungan Pemprov Riau.

Dijelaskan tokoh masyarakat Kabupaten Bengkalis asal Sumatera Utara ini, penetapan itu berdasarkan hasil pemeriksaan,penilaian dan pengamatan terhadap data dan fakta yang dilakukan Tim Penilai Supervisi Kearsipan.

“Tim tersebut dibentuk Badan Perpustakaan dan Arsip Pemprov Riau. Ada lima SKPD yang pengelolaannya dinilai tim itu, yaitu Bagian Hukum, Bagian Kesra, Bagian Tata Pemerintahan, Dinas Dikpora, dan Bappeda. Berdasarkan penilaian tim tiu, Kabupaten Bengkalis berhasil memperoleh predikat terbaik III dengan skor 179,51 dan nilai rata-rata 35,90,” jelas Simarmata melalui telepon selulernya.(ad/rls)

Rizki: