BENGKALIS MULAI TERANCAM… Gelombang Pasang Kian Meluas di Pesisir Riau

PEKANBARU (RiauInfo) – Gelombang pasang kian meluas terjadi di sebagian pesisir Provinsi Riau. Selain wilayah perairan pesisir Inderagiri Hilir (Inhil) dan sekitarnya, gelombang juga mulai merembet ke perairan Bengkalis dan Selat Panjang. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan, perairan pesisir Riau tersebut mengalami gelombang antara 1 hingga 1,5 meter Rabu (4/02/2009) ini. 

Sementara, perairan Rokan Hilir, Dumai dan Selat Melaka hanya megalami gelombang kurang dari 0,75 meter. Keadaan itu menyusul cuaca buruk dan angin kencang yang juga berlainan pengaruhnya terhadap perairan Riau yang berdekatan dengan Selat Melaka.

Staf analisa Ardhitama mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu mengatakan, penyabab gelombang tinggi perairan Natuna tidak jauh berbeda dengan gelombang Provinsi Riau, yang juga berdekatan dengan perairan Kepri itu. BMG Stasiun Pekanbaru menilai, perlu menjaga kewaspadaan bagi pelayaran yang melewati jalur sempit dan padat jalur pelayaran di sepanjang perairan Riau yang mengalami gelombang tinggi tersebut.(Surya)

 

Rizki: