BBR PERLU DATA LENGKAP… Korban Puting Beliung Belum Terdata Penuh

608 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau masih menunggu data akurat kerusakan rumah akibat bencana angin Puting Beliung di Kota Tembilahan, Kabupaten Inderagiri Hilir. Hingga Senin (20/04/2009) ini, Dinsos Riau menyatakan baru menerima laporan sejumlah kepala keluarga (KK) yang menjadi korban angin pada Sabtu silam itu.

Kepala Dinsos Provinsi Riau HR Lukman Mat melalui Kepala Bidang Bantuan dan Bencana Sosial Sudirman mengatakan, Dinsos Riau baru menerima data sebanyak 92 KK dan 374 jiwa di Kecamatan Tembilahan. Sedangkan korban di Kecamatan Tembilahan Hulu terdata 100 KK dan belum ada informasi jumlah jiwa dari total KK tersebut.

“Bantuan Bahan Rumah (BBR) akan dilakukan oleh Dinsos jika ada korban rumah yang masuk kategori layak menerima bantuan. Kelayakan penerima sesuai dengan laporan Dinsos daerah secara rinci melaporkan kerusakan yang perlu dibenahi. BBR juga terbatas sesuai dengan kondisi di lapangan. Jika kondisinya darurat, bisa saja pemerintah pusat yang langsung menangani korban bencana. Dari kejadian angin puting beliung di Tembilahan, sepertinya belum ada kondisi yang harus ditangani BBR oleh pemerintah pusat,”ungkap Sudirman kepada RiauInfo di Pekanbaru.

Menurut Sudirman, laporan dari Dinsos Tembilahan masih belum ada perubahan sejak Minggu kemarin. Dari data ini, maka program BBR belum bisa dipastikan turun dari Dinsos Provinsi Riau.”Karena ada aturan tersendiri dalam melakukan BBR ini bagi korban bencana,”tambah Sudirman.(Surya)

Posting Terkait