Banyak Petani Kelapa di Inhil Jadi OKB

1059 views

news884PEKANBARU (RiauInfo) – Makin membaiknya harga kopra saat ini berdampak positif bagi para petani kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau. Saat ini banyak petani kelapa di daerah tersebut yang meningkat kesejahteraannya, bahkan ada juga yang menjadi orang kaya baru (OKB).

Padahal sebelumnya sejumlah petani kelapa ada yang sampai patah arang, karena terus murahnya harga kopra. Meski mereka sudah bekerja keras meningkatkan produksi kelapanya, tapi karena harga murah, mereka tetap tidak bisa menambah pendapatannya.

Namun sejak beberapa bulan terakhir ini harga kopra di Inhil semakin membaik saja. Hal ini tentunya berdampak pula terhadap peningkatan harga buah kelapa di tingkat petani. Kondisi ini membuat para petani kelapa menjadi semakin sejahtera.

Menurut informasi yang diterima RiauInfo, Selasa (1/5) diketahui saat ini sejumlah petani kelapa di Inhil telah berhasil menjadi OKB di kabupaten itu, sehingga beberapa diantaranya berniat menunaikan ibadah hajinya. Bahkan untuk niatnya itu, mereka telah melunasi Ongkos Naik Haji (ONH)-nya.

Edi Siswandi (45) salah seorang petani kelapa Desa Karya Tani mengaku adanya peningkatan pendapatan para petani kelapa di desanya akibat semakin membaiknya harga kopra saat ini. “Sejak harga kopra membaik, pendaparan kami memang bertambah,” ungkapnya.

Kondisi ini, menurut dia, merupakan karunia Tuhan yang diberikan kepada para petani di daerahnya yang selama ini hidup susah. “Kami tidak henti-hentinya bersyukur atas karunia yang telah kami nikmati saat ini,” tambahnya.(Ad)

Posting Terkait