Banyak Pelajar Tak Hapal Teks Sumpah Pemuda

625 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pelajar sekarang ternyata banyak yang tidak hapal teks Sumpah Pemuda. Tidak ada upaya mereka untuk hapal teks Sumpah Pemuda itu karena tidak adanya kewajiban dari sekolah-sekolah. Ironisnya lagi sebagian mereka juga mengaku tidak mengerti apa itu Sumpah Pemuda. 

Berdasarkan wawancara yang dilakukan RiauInfo, Selasa (28/10) memang terbukti banyak pelajar yang tidak hapal teks Sumpah Pemuda dan tidak mengerti apa itu Sumpah Pemuda. “Sumpah Pemuda? Apa ya?,” ungkap Randi, pelajar kelas V SDN 008 Kecamatan Limapuluh, Pekanbaru.

Tidak hanya pelajar SD saja, para pelajar tingkat SLTP dan SMA juga banyak yang tidak mengerti Sumpah Pemuda atau lagi menghafal tes Sumpah Pemuda. “Duh… jangan tanya soal Sumpah Pemuda, saya benar-benar tidak tahu apalagi teks Sumpah Pemuda,” ungkap Lilis, pelajar SMPN 12 Pekanbaru.

Aries, salah seorang siswa kelas 1 sebuah SMU swasta di Pekanbaru juga mengaku tidak hafal tesk Sumpah Pemuda. “Dulu waktu SMP saya masih hafal, tapi sekarang sudah lupa lagi. Soalnya sudah lama tidak membacanya,” jelas ABG bertubuh agak tambun ini.

Begitu pula halnya dengan Deswar, seorang mahasiswa Universitas Riau juga mengaku tidak hafal teks Sumpah Pemuda. Bahkan ketika ditanya kapan jatuhnya hari Sumpah Pemuda, dia juga tidak bisa menjawabnya. “Oh… jadi sekarang hari Sumpah Pemuda ya?. Duh aku benar-benar gak tahu”, ungkapnya ketika disebutkan hari Sumpah Pemuda jatuhnya tanggal 28 Oktober.[b](ad)[b]



Posting Terkait