Banyak Nelayan di Rokanhilir Terpaksa “Istirahat” Berlayar

554 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tingginya gelombang laut akhir-akhir akibat semakin memburuknya cuaca, membuat banyak nelayan di Kabupaten Rokanhilir terpaksa “istirahat” berlayar. Mereka takut berlayar karena gelombang laut sering mencapai 2 meter lebih. 

Komandan Patroli Keamanan Laut Bagansiapi-api, Letda Laut Mufit mengatakan akhir-akhir ini memang cuaca semakin tidak menentu. Tiba-tiba saja bisa muncul angin kencang yang berpeluang menimbulkan gelombang laut dengan ketinggian sampai dua meter lebih.

“Setiap muncul angin kencang, maka gelombang laut bisa mencapai dua meter lebih,” ujarnya. Itulah yang menjadi penyebab banyak nelayan trasional di Rokanhilir tidak berani melaut. Mereka untuk sementara terpaksa istirahat dulu di rumah menunggu cuaca kembali norml.

Dikatakannya, meskipun ada juga nelayan yang berani turun melaut, namun umumnya mereka hanya mencari ikan di sekitar pantai yang kondisinya masih memiliki pulau-pulau untuk berlindung. “Jika terjadi gelombang besar, mereka langsung berlindung di pulau-pulau itu,” jelasnya.

Mufit tidak bisa memastikan kapan kondisi cuaca seperti ini akan berakhir. Sebab kalau kondisi seperti ini berlangsung lama, dipastikan akan menyulitkan kehidupan ekonomi para nelayan itu. Soalnya sebagian besar nelayan di daerah itu memang hanya menggantungkan hidupnya dari mencari ikan.(Ad)

Posting Terkait