Bantuan Program Kesehatan Masyarakat untuk Riau

676 views

KELANTAN (RiauInfo) – Pihak Rumahsakit USM (Universiti Sains Malaysia ) Kelantan menawarkan bantuan kerjasama sosial dalam bentuk program kesehatan masyarakat untuk Provinsi Riau. Antara lain penanggulangan demam berdarah (DBD), malaria, HIV/ AIDS, flu burung dan sebagainya. 

Tawaran tersebut disampaikan Ketua Pengarah (Direktur) RS USM Dr Zaidun Kamari dalam pertemuan dengan Ketua Tim ‘Gilang – IKKD Riau Peduli 2007’ yang dipimpin Ny Yulianti Chaidir SH, di Kota Bharu, Kelantan, Senin (23/4). Ikut dalam pertemuan itu, Ir Ridar Hendri MKom, Dr Viator Butarbutar, H Syafriadi dan H Dheni Kurnia dari Yayasan Gilang. Sementara Zaidun didampingi Dekan PPSG (Pusat Pengajian sains Pergigian) Prof Dato’ Mafauzy Mohamed.

Menurut Dr Zaidun, selama ini pihak RS USM memang telah mengulurkan bantuan operasi gratis bibir sumbing terhadap penderita dari golongan masyarakat tak mampu di Riau. Baik dalam bentuk pengiriman Tim Dokter Bhakti Sosial ke Riau. Maupun dengan mengoperasi mereka secara langsung di RS USM, seperti yang tengah dilakukan terhadap empat penderita dari Riau pekan ini.

Namun, ke depan, pihaknya ingin meningkatkannya lagi dalam bentuk bantuan sosial lain. “Antara lain penanggulangan demam berdarah, wabah malaria, HIV/ AIDS, flu burung dan sebagainya,” kata Zaidun.

Tawaran itu, bukan tanpa alasan. Menurut Zaidun, RS USM tak hanya didukung oleh dokter-dokter spesialis dari PPSG (Fakultas Kedokteran Gigi). USM juga memiliki dua fakultas lain, yakni Fakultas Kedokteran (Perubatan) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat. “Kami memiliki banyak dokter pakar dari kedua fakulti itu,” katanya.

Ny Yulianti menyambut baik tawaran tersebut. Dan berjanji akan coba mensosialisasikannya dengan Pemerintah Provinsi dan pihak berkompeten lainnya di Riau.

Sebelumnya Dr Viator Butarbutar memaparkan potret umum kehidupan masyarakat Riau, khususnya persoalan sosial, ekonomi dan kesehatan yang dihadapi masyarakat kecil pedesaan Riau.

Ny Yulianti dan rombongan sempat menyaksikan kecanggihan teknologi yang digunakan USM. Baik untuk pendidikan dan pengajaran di PPSG, maupun di rumahsakit berlantai delapan dan dilengkapi peralatan dan manajemen modern.

 

Posting Terkait