BANTUAN KORBAN GEMPA SUMBAR Mengalir Juga dari Isntansi Pemerintah di Riau

562 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Berbagai bantuan mengalir dari instansi pemerintahan Provinsi Riau. Bantuan tanggap darurat yang terdiri dari berbagai kebutuhan pokok termasuk pakaian, air minum tersebut disumbangkan untuk bencana gempa yang terjadi di Sumatera Barat (Sumbar).

Dari data di lapangan, Dinas Informatika Komunikasi dan Pengolahan Data Elektronik (Diskominfo-Pde) memberikan bantuan mie instan 30 kotak, roti kaleng 5 kaleng, Dispenda beras 1 ton, Inspektorat Riau mie instan 15 kotak, roti kaleng 10 kotak, Dinas Perhubungan mie instan 10 kotak, roti 10 kotak, Dinas Ketahan Pangan beras 10 kg, Bulog Regional Riau-Kepri 10 ton, Dinas Sosial 4 ton, minyak goreng, sarden roti dengan berbagai kemasan dan berbagai dari instansi lainnya.

Selain berbagai dinas dan badan pemerintahan Riau, RSUD dan PMI Riau pun turut menyumbangkan bantuannya, baik dalam bentuk obat-obatan, darah, peralatan medis, tenaga medis hingga sejumlah bantuan makanan yang juga turut diberangkatkan bersama tim rombongan tanggap darurat bencana alam di Sumbar.

Menurut Direktur RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Yulwiarty Moesa, pihaknya mengirimkan 50 tim medis ke Sumbar. Selain itu peralatan beserta obat-oabatan juga turut diberangkatkan beserta sejumlah makanan seperti mie dan roti.

Dari 50 tim medis yang diberangkatkan, dibagi dalam berbagai tahap. Untuk tahap pertama sebanyak 5 orang yang akan berangkat langsung mendampingi Gubernur Riau HM Rusli Zainal. Tim dokter yang berangkat terdiri dari ahli bedah, dokter khusus bencana (DSB), dokter Anastasy dan lainnya. Direncanakan, para tim medis ini akan membatu penanganan di RS M Jamil.

“Total tim medis yang kita berangkatkan sebanyak 50 orang, termasuk para dokter ahli yang direncakan membantu medis di RS M Jamil,” terangya.

Tidak diketahui berapa lama penugasan tersebut. “Yang jelas kita berangkat dulu, setelah tim kita sampai di sana nanti baru ada penilaian, termasuk bantuan yang kita berikan seperti obat dan peralatan,” jelasnya lagi.

Sementara Wakil Ketua PMI Riau, pihaknya akan mengirimkan bantuan darah dan sejumlah makanan. Namun berapa banyak darah yang akan dikirim, belum diketahui. Sebab, donor darah baru kita lakukan tadi pagi.

“Kita melakukan bhakti sosial terhadap seluruh PNS di lingkungan Pemprov Riau untuk menyumbangkan darahnya untuk disumbangkan ke Sumbar. Nantinya, darah yang telah didapat akan segera dikirim dan diserahkan ke pihak PMI sana (Sumbar, red) untuk segera dimanfaatkan. (ad)

Posting Terkait