Bantuan Beasiswa

1483 views

 

9

DURI (RiauInfo) – Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh mengatakan kesukseskan atau keberhasilan tidak akan menghampiri para pecundang dan siapa saja yang mudah putus asa. Keberhasilan tidak akan datang kepada siapapun yang tidak pernah berusaha menggapainya. Karena itu seluruh mahasiswa di daerah ini harus menjadi petarung sejati, bukan menjadi pecundang.

Dihadapan ratusan mahasiswa, kalimat motivasi itu disampaikan Herliyan saat menyampaikan sambutan pada acara pemberian beasiswa untuk mahasiswa anak tempatan, mahasiswa berprestasi dan mahasiswa dari Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Ballroom Surya Hotel, Selasa (24/12/2012) malam lalu.

Kata Herliyan, Seorang petarung sejati akan mengeluarkan seluruh potensi yang dimilikinya untuk menggapai sukses atau keberhasilan yang diinginkan. Seorang petarung sejati akan senantiasa berjuang demi ending atau hasil yang terbaik.

“Seluruh mahasiswa asal Kabupaten Bengkalis juga harus demikian. Jangan mau kalah dengan mahasiswa dari tempat lain dimanapun menuntut ilmu. Buktikan bahwa mahasiswa asal daerah ini adalah petarung sejati. Bukan pecundang. Bisa berprestasi dengan baik. Baik  baik di bidang akademik maupun non akademik”, pesan Herliyan.

Di bagian lain bupati mengatakan, pemberian tersebut salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk mempercepat dan meningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah ini.

Dijelaskannya pemberian beasiswa anak tempatan dan KAT, bertujuan agar anak-anak dari keluarga kurang mampu dan KAT dapat menempuh pendidikan di perguruan tinggi sebagaimana yang lainnya. Sedangkan beasiswa mahasiswa berprestasi merupakan penghargaan yang bertujuan agar prestasi tersebut dapat memotivasi mahasiswa lainnya.

Pada tahun 2014, alokasi dana yang disediakan Pemkab Bengkalis untuk beasiswa anak tempatan, sebesar Rp. 3.126.000.000. Beasiswa ini diberikan untuk 561 mahasiswa yang menempuh pendidikan khusus di lima perguruan tinggi lokal di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.  Yaitu Politeknik Negeri Bengkalis, STAIN Bengkalis, STIE Syari’ah Bengkalis, STAI Hubulwathan Duri dan AMIK Mitra Gama Duri.

Sedangkan beasiswa bagi  KAK dan mahasiswa berprestasi di bidang akademik dan non akademik sebesar Rp. 1.152.000.000. Kedua beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa asal Kabupaten Bengkalis yang kuliah di berbagai perguruan tinggi. Baik di dalam maupun di luar. Jumlah penerimanya tahun 2014 ini sebanyak 76 orang.

“Insya Allah, pada tahun 2015,  jumlah penerima beasiswa anak tempat dan KAT ini akan ditingkatkan seratus persen. Minimal menjadi 1.000 orang”, jelas Herliyan yang malam itu juga menyerahkan secara simbolis juga menyerahkan kendaraan dinas roda dua untuk pegawas TK dan SD di Kecamatan Mandau, Pinggir dan Rupat.

Posting Terkait