Bank Riau Kucurkan Kredit 250 juta Untuk Koperasi Nurul Amal

933 views
news6331PEKANBARU (RiauInfo) – Kegiatan Penyuluhan dan sosialisasi Koperasi di Pekanbaru menghadirkan Duta koperasi wanita Indonesia, Okky Asokawati bertempat di Koperasi Nurul Amal, kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Kegiatan ini ditaja sehubungan dengan prestasi yang berhasil dicapai Koperasi tersebut dalam mengelola usaha dan manajemen anggotanya.

Bank Riau selaku perbankan daerah dengan komitmen tinggi untuk senantiasa mendampingi dan mengembangkan ekonomi kerakyatan sebagai salah satu program kerja Bank Riau dalam upayanya mengembangkan potensi ekonomi daerah, termasuk ekonomi kecil dan koperasi.

Dalam penyuluhan dan sosialisasi tampak hadir Walikota Pekanbaru Drs. H. Herman Abdullah beserta direktur Konsumer dan Mikro Bank Riau Ruslan Malik serta Pimpinan Divisi Mikro Bank Riau, Said Syamsuri.

Dalam sambutannya Direktur Konsumer dan Mikro Ruslan Malik mengatakan koperasi merupakan salah satu wadah dalam melakukan usaha masyarakat. Koperasi merupakan bentuk usaha yang sesuai dengan sifat masyarakat Indonesia.

Menurut dia, Bank Riau komit untuk membantu koperasi dalam berbagai hal baik permodalan serta bantuan lainnya. Sehingga koperasi dapat menjadi kuat dan perpanjangan tangan bank dalam perekonomian.

Terkait dengan pembiayaan dan program pembinaan yang diberikan Bank Riau kepada Koperasi Nurul Amal ini awalnya memang sangat berliku perjuangan Koperasi tersebut sehingga mendapatkan kepercayaan dari Bank Riau.

Semula bantuan diberikan melalui kredit program dengan jumlah yang terbatas, namun dari upaya yang keras dari Pihak Koperasi untuk maju dan pembinaan yang dilakukan Bank Riau sehingga sampai dengan saat ini Koperasi Nurul Amal mendapat kepercayaan dengan pembiayaan yang cukup besar.

Untuk selanjutnya Bank Riau tetap berkomitmen membantu koperasi dan usaha kecil lainnya untuk terus maju sebagai mitra kerja yang saling menguntungkan sesuai dengan komitmen Bank Riau untuk menumbuhkembangkan usaha.

Sementara itu Okky Asokawati yang merupakan Duta perkasa memberikan penyuluhan dalam dengan tema Kekuatan Koperasi dalam Pemberdayaan Perempuan. Okky memberikan penyuluhan peranan perempuan dalam berbagai kegiatan termasuk dalam koperasi.

Dipilihnya Koperasi Nurul Amal karena merupakan koperasi wanita terbaik se-Indonesia. Koperasi Nurul Amal mengalami pertumbuhan yang pesat sejak berdiri pada Juli 1998 dengan modal awal Rp510.000 sampai Juni 2008 meningkat menjadi lebih dari Rp623 juta.

Bank Riau melalui Kantor cabang pembantu Rumbai ikut membantu permodalan Rp. 50 juta pada tahun 2003, hingga saat ini menjadi Rp. 250 juta. Koperasi Nurul Amal yang berbadan hukum dengan nomor : 307/BH/DISKOP&UKM/3/VIII/2002 memiliki core usaha Simpan Pinjam dan usaha pendukung warung serba ada.

Walikota Herman Abdullah dalam sambutannya mengatakan bahwa koperasi merupakan wadah usaha bagi masyarakat. Dengan adanya koperasi maka diharapkan dapat mengentaskan masalah kemiskinan serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

Dan diharapkan ada pihak lain di luar koperasi sehngga dapat membantu koperasi dalam hal permodalan seperti Bank Riau yang mau memberikan kredit permodalan hingga mencapai Rp. 250 juta. Apresiasi diberikan khusus Walikota kepada Bank Riau yang telah memberikan pembinaan, pendampingan dan permodalan sehingga Koperasi ini tumbuh berkembang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Sebelum diakhiri, kegiatan diisi dengan Tanya jawab dan dialog yang dilakukan dengan penuh antusias dari anggota Koperasi Nurul Amal dan dalam dialog tersebut ibu Okky menjawab seluruh permasalahan yang dihadapi oleh seluruh penanya.

Dalam kesempatan yang sama walikota Herman Abdullah juga tak kalah menariknya dengan memberikan motivasi untuk mengembangkan pangsa pasar koperasi di Pekanbaru khususnya bahkan sampai memberikan peluang ekspor bagi Koperasi yang siap melakukanna.

Acara diakhiri dengan kunjungan Rombongan Kantor Kementrian Koperasi RI, Walikota dan tamu undangan lainnya untuk melihat lebih dekat kemajuan yang dimiliki koperasi Nurul Amal Pekanbaru.(ad/rls)

 

Posting Terkait