Banjir Kembali Ancam Riau Hingga Merata

604 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Banjir masih mengancam Riau pada bulan ini. BMG Stasiun Pekanbaru, Kamis (3/04) memaparkan prospek cuaca April ini masih didominasi curah hujan yang tinggi. Hanya 10 hari pertama sebahagian wilayah Riau yang rawan tumbuh titik api.

Dekade petama atau dalam 10 hari pertama bulan ini hujan berpeluang melanda Riau Bagian Tengah dan Selatan. Hujan ini diperkirakan berintensitas ringan hingga sedang. Namun Riau bagian Utara masih perlu diwaspadai akan tumbuhnya titik api. Dengan kata lain, hujan tidak melanda wilayah Riau Utara ini.

Sedang Dekade ke dua, BMG mendapatkan kesimpulan hujan terkonsentrasi masih di Riau Bahagian Tengah dan Selatan. Namun intensitasnya beragam dari ringan, sedang hingga lebat. BMG memperingatkan dalam dekade II ini sangat perlu diwaspadai naiknya permukaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kampar dan DAS Inderagiri Hilir.

Selanjutnya pada Dekade III atau 10 hari terakhir bulan ini, diprediksikan curah hujan akan merata melanda wilayah Riau umumnya. Keadaan ini akan meningkatkan permukaan air DAS di wilayah Riau umumnya. Sehingga bencana banjir diperkirakan akan meningkat kembali.

“Curah hujan di Riau umumnya lebih tinggi dari normal, mencapai 160 hingga lebih dari 322 mm dalam bulan April ini,”terang Drajad dari BMG Pekanbaru kepada RiauInfo, Kamis (3/04) di Pekanbaru.(Surya)

 

Posting Terkait