Bali Targetkan 13 Emas di Peparnas XIV

637 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kontingen Bali yang diturunkan untuk berlaga di ajang olahraga Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XIV di Pekanbaru, Riau, pada 7-13 Oktober 2012 menargetkan sedikitnya 13 medali emas.

“Kami berupaya bisa mempertahankan peringkat di lima besar seperti yang pernah diraih empat tahun lalu di Kalimantan Timur,” kata Ketua National Paralympic Committee (NPC) Provinsi Bali, I Gede Nyoman Sumitha, di Denpasar, Selasa.

Bali mempersiapkan sebanyak 45 atlet andalannya untuk diturunkan pada enam cabang olahraga dari sembilan yang dipertandingkan selama Peparnas di Riau yakni atletik, angkat berat, bulu tangkis, tenis meja, renang, dan catur.

Sumita mengatakan, Bali berpotensi meraih emas di cabang atletik, angkat berat, dan catur. Atlet atletik andalan Bali yang akan diturunkan antara lain I Putu Sarwada (lari) dan Putu Christiani (lempar cakram).

Adapun Ketut Mursi yang akan turun pada cabang olahraga catur khusus tuna netra diharapkan bisa mengulangi sukses meraih medali emas.

Para atlet berkebutuhan khusus itu telah mengikuti pemusatan latihan di Denpasar. Saat ini persiapan tinggal tahap akhir dan menjaga stamina sebelum ke medan laga. Namun ia menyayangkan kamp pelatihan dilakukan sangat singkat hanya sepuluh hari saja.

Empat tahun lalu di Kalimantan Timur, Bali mengoleksi 47 medali yang terdiri atas 13 emas, 18 perak, dan 16 perunggu.

“Kami bisa mempertahankan perolehan medali tersebut sudah bersyukur,” kata Sumita sambil menyebutkan bahwa kontingen PON Bali dari atlet normal juga hanya mampu mempertahankan peringkat sembilan besar. (Ant)

Posting Terkait