Bahaya Longsor Bayangi Pemudik di Lintas Barat

606 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Para pemudik yang melewati jalur lintas barat diminta tidak lengah. Sebab tingginya curah hujan saat ini membuat jalur yang menghubungkan Riau-Sumatera Barat (Sumbar) itu sangat rawan terhadap bencana longsor. 

Setidak-tidaknya ada beberapa titik longsor yang ditemukan dalam survei yang dilakukan Dinas Perhubungan Riau. Titik rawan itu terdapat di Km 89,9 dan km 95,7 hingga km 96,1. Kemudian juga tebing tanah yang rawan longsor juga bisa terjadi di Km 94,2.

Kepala Dinas Perhubungan Riau, Feisal Qomar Karim mengatakan titik-titik longsor itu berada di dekat daerah Rantau Berangin dan juga di sekitar perbatasan Riau-Sumbar. “Makanya para pemudik harus tetap mewaspadainya,” ungkap dia lagi.

Bagaimana jika nantinya terjadi longsor? Feisal mengatakan pihaknya bersama Kimpraswil telah menyiapkan alat-alat berat yang akan bekerja memulihkan jalan. Tapi jika kondisinya cukup parah maka kendaraan akan diarahkan ke jalan alternatif.

Jalur alternatif tersebut, menurut dia, sudah lama dikenal oleh masyarakat baik di Riau maupun Sumbar. Jalur tersebut melalui Teluk Kuantan-Kilian dan Jao-Solok. “Biasanya kalau jalur ke barat putus, kendaraan terpaksa harus melalui jalur alternatif ini,” ungkapnya.

Hanya saja dia minta masyarakat untuk berdoa, semoga jalur barat itu tidak terjadi longsor atau kendala lainnya, sehingga bisa dilalui dengan lancar dan aman. “Kita tentunya berharap musim musik ini lancar-lancar saja tanpa ada hambatan,” tambahnya lagi.(Ad)

 

Posting Terkait