B Purba: DPRD Riau Jangan Jadi Tukang Stempel

713 views

APEKANBARU (RiauInfo) – Usai Gubernur Riau, HM Rusli Zainal menyampaikan Nota Keuangan Rancangan Perubahan APBD Tahun 2007, Wakil Ketua Komisi B DPRD Riau, AB Purba mengeluarkan intruksi, “kan masih ada tugas lain seperti Panitia Musyawarah (Panmus). DPRD Riau jangan mau jadi tukang stempel saja”. 

“Kok, pembahasan APBD Perubahan dikejar sebelum lebaran. Apakah kita tak ada kerja yang lain. Saya ingin tahu apa maksudnya semua ini. Sementara itu tugas lain juga menanti,” ungkap AB Purba dalam Rapat Paripurna DPRD Riau di Ruang Lancang Kuning DPRD Riau, Senin (1/10).

Menurut AB Purba, cepatnya hal ini diselesaikan akan berdampak jelek terhadap kinerja di dewan. Karena tugas dewan bukan hanya satu saja, melainkan masih banyak tugas yang menanti. “Saya rasa pembahasan Perubahan APBD Riau tahun 2007 tak perlu dikeja sebelum lebaran,” pintanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Riau, drh H Chaidir MM, menyambut baik intruksi yang disampaikan AB Purba. Karena pada dasarnya, apa yang disampaikan AB Purba menjadi masukan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). “Itu masukan yang sangat luar biasa. Semuanya akan kita pertimbangkan,” kata Chaidir.

Disamping itu, terang Chaidir, bahwa penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD Riau tahun anggaran 2007. Semuanya berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 58 tahun 2005 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2006 serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 tahun 2006.

Berdasarkan itu Perubahan APBD Riau tahun 2007, harus digesah, melihat waktu sangat singkat. Sehingga mempunyai kemampuan untuk lebih meningkatkan transparansi, efisiensi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah. “Dengan cepatnya Perubahan APBD Riau disahkan, saya optimis realisasi fisik dapat tercapai,” pungkasnya.(Dd)



Posting Terkait