Azmi: Ranperda Tanah Ulayat, Menyelamatkan yang Masih Ada

877 views

Gedung DPRD RiauPEKANBARU: DPRD Riau melalui Komisi A, mengajukan hak inisiatifnya mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Tanah Ulayat. Ini dalam upaya menyelamatkan atau membekap tanah ulayat yang masih ada.

“Sebetulnya mengenai rencana pembuatan Ranperda ini sudah lama, tapi baru saat ini kesamoaian. Ini bertolah dari banyaknya pengaduan dari mayarakat atau anak kemenakan bahwa banyaknya tanah di desa yang hilang karena dijual ke Perusahaan dan sebagainya”, jelas Ketua Komisi A, DPRD Riau, Azmi Setiadi saat dikonfirmasi.

Lebih jauh disebutkan oleh Politisi PAN ini, dengan ini Ranperda ini dalam antisipasi masih sejauh mana tanah ulayat yang ada di Prvinsi Riau atau yang harus diselamatkan. “Karena saat ini masih ada dibeberapa Desa tanah ulayat ini. Jadi inilah yang akan diselamatkan”, katanya lagi.

Dikatakan juga, nanti tanah-tanah ulayat ini akan dibuatkan sertifikatnya yang diusulkan oleh Pemkabmasing-masing. Sehingga tanah itu tidak bisa diperjual belikan lagi oleh oknum tiidak bertanggungjawab. “Tanah yang sudah dicaplok, kalau masih bisa diusahakan untuk dimiliki lagi akan diupayakan bersama Pemerintah Daerahmya”, tutup Dapil Kab Siak ini. (ch)

Posting Terkait