Audiensi KSI Riau dengan Komandan Korem 031 Wirabima

PEKANBARU (RiauInfo) – Era digital ini dunia dihadapkan dengan isu-isu sensitif. Di antaranya global warming, melambungnya harga minyak bumi dan kemecatan. Belakangan ketiga isu penting itu menjelma menjadi masalah dunia, dan sepeda menjadi salah satu solusi untuk menuntaskan persoalan yang dihadapi masyarakat bumi tersebut.

Demikian dikatakan Danrem Wirabima Pekanbaru, Kol (inf) Kurnia Dewantara saat menerima audensi Komite Sepeda Indonesia (KSI) Provinsi Riau di Makorem Wirabima Senin (4/6) lalu. Hadir dalam audensi itu beberapa pengurus KSI Riau. Di antaranta Ketua KSI Riau, Drs Zulher yang sehari-hari menjabat sebagai Kadis Perkebunan Provinsi Riau, Wakil Ketua Fajar Daulay, Sekretaris Mayor (kav) Sukri Hendri, Skom dan Kabid Infokom Ahmad Rodhi.

Danrem Wirabima Kol (inf) Kurnia Dewantara lebih jauh menjelaskan, global warming atau pemanasan bumi akan terhenti atau minimal akan berkurang dengan semakin banyaknya masyarakat dunia bersepeda, bumi pun akan menjadi segar karena polusi berkurang secara signifikan.

“Begitu juga dengan melambungnya harga minyak yang sudah menjadi persoalan penting di negera-negara. Baik negara maju maupun negara dunia ketiga. Dengan memasyarakatnya sepeda maka konsumsi BBM akan berkurang drastis, harga minyak pun akan terkendali dan dunia tak perlu lagi mempersoalkan harga minyak,” katanya.

Ditambahkan, persoalan penting ketiga yang memusingkan pemimpin-pemimpin dunia adalah kemacetan. Menurutnya kemacetan menjadi persoalan yang tak penting lagi, jika masyarakat kota tersebut sebagioan besar penduduknya sudah menjadi pengguna sepeda.

Mengingat pentingnya peran sepeda dalam mengatasi persoalan masyarakat dunia, Danrem mendukung penuh keberadaan KSI Provinsi Riau. Diakui, di Wirabima sendiri, pihaknya berusaha memasyarakatkan sepeda. Dua hari seminggu digunakan sebagai haru bersepeda.

Sementara Ketua KSI Zulher menjelaskan, KSI merupakan wadah berhimpunnya komunitas-komunitas sepeda. Sebagai organisasi yang memayungi perkumpulan sepeda, KSI akan berusaha mendororong agar pemerintah lebih perhatian kepada pengguna sepeda.

“Salah satunya kita mendorong agar ada jalur khusus sepeda dan tempat parkir sepeda. Dengan ini maka pengguna sepeda akan nyaman melintas di jalan raya,” katanya. Zulher juga mengatakan jika tak ada aral melintang, maka Juni ini KSI Riau akan dilantik oleh KSI Pusat. Dia berharap KSI Riau bisa memasyarakatkan sepeda di Bumi Lancang Kuning ini.(rls)

Rizki: