Atasi Kenaikan Harga Sembako, Kabupaten/Kota Diminta Gelar OP

701 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sebulan menjelang ulan suci Ramadhan biasanya harga-harga barang kebutuhan pokok (sembako) akan mengalami kenaikan. Hal ini mendapatkan perhatian serius dari Disperindag Riau dengan menginustruksikan seluruh kabupaten/kota di Riau untuk mengelar operasi pasar.


Kepala Disperindag Riau Asmawie Mukri melalui Kabid Pedagangan Dalam Negeri Ayug Khan kepada wartawan di Pekanbaru mengatakan operasi pasar harus segera dilakukan, karena satu bulan menjelang bulan puasa biasanya harga-harga kebutuhan masyarakat akan naik.

Dia mengatakan, Disperindag Riau sudah mendapatkan edaran dan instruksi dari Kemendag RI pada 7 Juli kemaren untuk melakukan pantauan harga sembako menjelang puasa. “Kita akan menindaklanjuti edaran itu dengan menginsruksikan kabupaten/kota melakukan operasi pasar,” ungkapnya.

Operasi pasar tersebut dapat dilakukan dalam bentuk pasar murah. Dimana harga kebutuhan pokok untuk pasar murah itu disubsidi pemerintah. Dengan demikian kehadiran pasar mudah tersebut bisa mengantisipasi gejolak harga yang sedang terjadi.

Untuk saat ini, menurut dia, pihaknya belum bisa berbuat banyak terkait dengan naiknya sejumlah harga kebutuhan pokok. Karena untuk harga pasar, kita serahkan kepada mekanisme harga pasar. “Tapi kita akan mengantisiapasinya dengan operasi pasar,” jelasnya.(ad)

Posting Terkait