Apresiasi Media Pertunjukan Rakyat se-Sumatera Dibuka Malam Ini

PEKANBARU (RiauInfo) – Delapan provinsi se Sumatera akan meramaikan malam Apresiasi Media Pertunjukan Rakyat se-Sumatera tahun 2008 di Pekanbaru. Provinsi tersebut antara lain Sumut, Sumbar, Riau, Jambi, Sumsel, Bengkulu, Bangka Belitung dan provinsi Kepri.

Acara yang masih dalam rangka 100 Tahun Hari Kebangkitan Nasional ini diadakan oleh Direktorat Kelembagaan Komunikasi Sosial Depkominfo. Pembukaan acara akan berlangsung di gedung RRI Pekanbaru jalan Soedirman nanti malam.

Tezzy D Dachlan yang menjabat kepala Badan Infokomkesbang Riau melalui Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Badan Informasi Komunikasi dan Kesatuan Bangsa (Infokom Kesbang) Provinsi Riau Drs. Ardi Basuki mengatakan hal tersebut kepada wartawan Jum’at (27/6) di Pekanbaru.

Maksud acara ini adalah membangkitkan upaya peningkaan apresiasi terhadap seni pertunjukan rakyat tradisional sebagai saluran informasi. Peningkatan ini diharap muncul dari segala segi pertunjukan. Seperti dari sisi mutunya maupun pengalaman dan pengetahuan seniman serta kelompok pertunjukan rakyat untuk menyebarluaskan informasi dan pesan pembangunan.

Acara Apresiasi ini akan menyajikan Festival Pertunjukan Rakyat Tradisional dan Sarasehan Media Pertunjukan Rakyat Tradisional. Festival Pertunjukan Rakyat Tradisional akan berlangsung selama dua hari di halaman RRI Pekanbaru. Pertunjukan Rakyat Tradisional ini menampilkan utusan dari Bengkulu, Sumsel, Riau dan Kepri.

Selanjutnya peserta utusan dari Sumbar, Sumut, Bangka Belitung dan Jambi akan mengisi acara Sarasehan Media Pertunjukan Rakyat Tradisionalnya pada Sabtu, (28/6) mendatang di Hotel Bumi Asih Pekanbaru.(Surya)

 

Rizki: