Api Melahap Sekitar 400 Kios dan Bangunan Panti Asuhan

667 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pasar Cik Puan Pekanbaru Sabtu malam (12/5) sekitar pukul 23.00 Wib kembali terbakar. Sekurang-kurangnya 400 kios hangus terbakar. Bahkan tidak itu saja, seuah panti asuhan yatim piatu dan Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah yang terletak disamping pasar ikut terbakar. 

Kebakaran ini sempat membuat masyarakat panik, karena mereka baru sekitar 2 tahun ini bisa kembali berdagang di pasar tersebut, karena pada 1 Juni 2004 juga mengalami kebakaran. Sejak pasar yang terletak di Jalan Tuanku Tambusai itu berdiri sudah sebanyak 4 kali mengalami kebakaran.

Dalam kebakaran kali ini sebagian besar pemilik kios tidak bisa menyelamatkan barang-barang dagangannya karena saat kebakaran tersebut umumnya mereka sudah kembali ke rumah. Meski tidak ada korban jiwa rata-rata para pedagang mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Api yang asal usulnya sampai saat ini belum dapat dipastikan menjalar begitu cepat. Tujuh unit mobil kebakaran milik Pemko Pekanbaru yang diturunkan ke lokasi kejadian tidak dapat berbuat banyak, selain hanya mampu mengalokalisir agar api tidak semakin meluas.

Upaya mengalokalisir itupun tidak sepenuhnya berhasil dilakukan, terbukti api tersebut sempat menjilati gedung panti asuhan dan MTs Muhammadiyah yang berada di sebelahnya. Sebagian gedung semi permanen tersebut musnah, namun sebagian lainnya berhasil diselamatkan oleh tim pemadam kebakaran.

Ny Rahmah (37) salah seorang pemilik kios pakaian mengatakan tidak satupun barang dagangannya bisa diselamatkan. Sebab waktu kebakaran terjadi dia sudah pulang ke rumah. “Waktu saya ditelpon kios terbakar, saya buru-buru datang ke Pasar Cik Puan. Begitu sampai kios saya sudah ludes,” jelasnya.

Akibatnya dia mengalami kerugian cukup besar sampai ratusan juta rupiah. “Saya tidak tahu apa suratan nasib akan selalu begini. Waktu kebakaran tiga tahun yang lalu barang dagangan saya juga habis. Sekarang ketika modal sudah mulai terkumpul lagi, habis lagi dalam waktu sekejab,” ungkapnya dengan nada pasrah.(Ad)

 

Posting Terkait