Antisipasi Penyakit Pasca Banjir, Diskes Akan Lakukan Penyuluhan

783 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Banjir di sejumlah walayah di kota Pekanbaru sudah mulai surut. Biasanya pasca banjir selalu diikuti merebaknya berbagai macam jenis penyakit di kalangan korban banjir, seperti gatal-gatal, ISPA, diare dan sebagainya.

Guna mengantisipasi merebaknya penyakit tersebut, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Kamis mendatang akan menurunkan sejumlah petugas kesehatan ke kawasan-kawasan banjir guna melakukan penyuluhan kepada warga korban banjir.

Kepala Dinas Ksehatan Kota Pekanbaru, dr Rini Hermiyati kepada wartawan Rabu (18/12) mengatakan materi penyuluhan yang akan diberikan kepada warga adalah bagaimana menjadi diri dari kemungkinan munculnya penyakit.

Dalam penyuluhan itu masyarakat akan diajak untuk melakukan langkah-langkah yang tepat dalam menangani dan pencegah wabah menyakit pasca banjir. Langkah-langkah itu antara lain dengan terus menjaga kebersihan lingkungannya, termasuk menebarkan kaporit di sumur-sumur warga yang terkina banjir.

Dia mengatakan penebaran kaporit ini dilakukan guna memusnahkan kuman yang menceran air di dalam sumur itu. Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 500 kilogram kaporit untuk di sebarkan ke sumur-sumur masyaraiat.

Dalam memberikan penyuluhan tersebut, para petuga kesehatan akan melibatkan camat dan lurah yang daerahnya terkena banjir. Hal ini dilakukan karena camat dan lurah tentunya lebih memahami kondisi wilayahnya masing-masing.(ar)

Posting Terkait