Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Riau Masih Tinggi

668 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Selama tahun 2009 lalu tercatat angka kecelakaan lalu lintas di Riau mencapai 1.500 jiwa. Dari jumlah itu sebanyak 759 orang diantaranya meninggal dunia, dan kerugian mati aibat kecelakaan tersebut mencapai Rp7 miliar.


Kapolda Riau Adjie Rustam Ramdja kepada wartawan di Pekanbarun mengatakan angka kecelakaan kendaraan roda empat dan dua setiap tahun di Riau memang mengalami peningkatan. Seperti tahun 2009 lalu saja telah terjadi sebanyak 1.500 kasus kecelakaan.

Angka ini menurut dia tergolong tinggi yang harus mendapatkan perhatian semua pihak. Tingginya kasus ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan berkendaraan, dan akibat kelalaian pengendara sendiri.

Karena itu dia meminta masyarakat, terutama pengguna kendaraan untuk bisa meningkatkan kedisiplinan dalam berkendaraan dan mematuhi peraturan berkendaraan. “Sebab ketidak patuhan ini tidak hanya menimbulkan bahaya bagi diri sendiri tapi juga orang lain,” ujarnynya.

Dia juga tidak menampik faktor kerusakan jalan juga menjadi salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan lalu lintas. Untuk menekan kerusakan jalan akibat tonase berlebih, pihaknya meminta jajaran Polantas melakukan koodinasi dengan dinas terkait seperti perhubungan dan PU.(ad)

Posting Terkait