Angin Puting Beliung Tak Akan Melewati Riau

703 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Masyarakat Riau harus merasa beruntung. Meski ada ramalan angin puting beliung yang sangat ditakuti itu sedang bergerak ke arah Sumatera, namun tindak akan melewati wilayah Riau. 

Angin berkekuatan tinggi yang bisa menerbangkan rumah dan pohon itu diperkirakan hanya melewati Lampung, Sumatera Selatan dan Jambi. Sedangkan wilayah Riau diperkirakan akan aman dari angin tersebut.

Kepala Seksi Analisa BMG Pekanbaru, Ir Drajat Bintoro mengatakan pihaknya telah menganalisa data yang diperoleh dari setelit dan laboratorium milik BMG. Dari hasil analisa itu diketahui angin puting beliung tidak akan melewati Riau.

Menurut dia, hal itu disebabkan adanya arah angin dari arah lautan Samundera Hinda barat laut menuju timur laut, sehingga membentuk daerah tekanan rendah di bagian selatan pulau Sumatera.

Akibatnya terbentuk pertumbuhan awan-awan yang dapat menahan angin punting beliung. “Inilah yang membuat wilayah Riau terhindar dari bencana akibat angin puting beliung tersebut,” ujarnya lagi.

Saat ini, menurut dia, di Riau daratan kecepatan angin baru mencapai 5-10 knot. Sedangkan arah angin masih dalam keadaan normal menuju timur laut. “Walau begitu kami akan terus memantau, karena sering kali angin puting beliung sulit diprediksi,” tambahnya lagi.(Ad)

 

Posting Terkait