Angin Kencang dan Petir Rawan di Riau

663 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Peluang hujan yang masih meluas di wilayah Riau juga berpotensi menimbulkan angin kencang dan petir pada Minggu (15/11/09) ini. BMKG menangkap peluang hujan akan luas terjadi secara merata pada malam hari di Riau. Sedangkan angin kencang umumnya akan rawan muncul menjelang dan awal hujan turun.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Phlilp Mustamu melalui staf analisa Warih mengatakan, angin kencang terjadi akibat adanya pertemuan hawa panas dengan hawa dingin yang terjadi akibat hujan. Sedangkan hawa panas didapat dari masih tersimpannya cuaca cerah berawan dengan temperatur maksimum 31 derjat celsius sepanjang Minggu siang ini.

Pertemuan dua hawa yang berbeda tersebut akan menimbulkan pergerakan angin dengan kecepatan tinggi dalam waktu yang relatif singkat menjelang hujan, bahkan beserta hujan turun.

BMKG mengaku tidak bisa menentukan lokasi angin kencang atau petir saat hujan terjadi.Kecepatan angin rata-rata dalam keadaan normal berkisar antara 5 hingga 20 kilometer perjam. Kecepatan angin meningkat mencapai 40 kilometer per jam saat kondisi cuaca buruk.

“Sifatnya sangat dinamis. BMKG hanya bisa menangkap gejalanya dari keadaan cuaca di Riau. Sedangkan untuk menentukan lokasi angin kencang apalagi petir, tentu saja tidak bisa,”terang Warih.(Surya)

Posting Terkait