Anehnya, Aparat Pemerintah Mengatakan Masih Stabil

PEKANBARU (RiauInfo) – Harga kebutuhan pokok rumah tangga sejak beberapa hari menjelang bulan Ramadhan hingga saat ini terus saja melambung, sehingga sangat dikeluhkan masyarakat. Tapi anehnya, aparat pemerintah mengatakan harga tersebut masih stabil dan tidak perlu dirisaukan.

Padahal berdasarkan pemantauan yang dilakukan RiauInfo Minggu (16/9) disejumlah pasar di Pekanbaru seluruh harga sembako itu sudah melambung tinggi. Misalnya saja cabe merah yang sebelumnya hanya Rp10 ribu/kg, kini harganya sudah menjadi Rp17 ribu/kg.

Begitu pula dengan minyak goreng curah yang sebelumnya hanya Rp6.000/liter sekarang melambung menjadi Rp8.500/liter, telur ayam ras yang sebelumnya Rp550/butir sekarang sudah menjadi Rp650/butir, daging ayam ras yang sebelumnya Rp14 ribu/kg, kini sudah menjadi Rp18 ribu/kg.

Melambung harga sembako ini sangat dikelugkan masyarakat. Ny Linda (36) salah seorang warga Jalan Angkatan 45 mengatakan harga-harga saat ini sudah mulai tidak terjangkau lagi. “Kalau setiap hari naik terus, lama-lama saya dan keluarga bisa puasa siang dan malam,” ujar istri sopir oplet ini.

Dia mengatakan, karena harga semabko sudah mulai tidak terjangkau lagi, dia terpaksa mengurangi belanja dapurnya. “Iya sekarang saya terpaksa membeli lauk pauk yang murah-murah saja agar dapur bisa terus mengepul”‘ jelas dia lagi.

Anehnya, meski harga sudah melambung gila-gilaan, aparat pemerintah misalnya pihak Disperindag mengatakan harga sembako saat ini masih stabil. Kepala Subdin Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Riau Hendri Rustam mengatakan kenaikan harga saat ini masih dibawah 10 persen yang berarti masih stabil.(Ad)

Rizki: