Anang Hermansyah: Artis Sering Kucing Kucingan Menghindari Petugas Pajak 

1063 views

JAKARTA (Riauinfo) – Musisi Anang Hermansyah mengakui hingga kini masih banyak artis yang suka kucing kucingan menghindari petugas pajak. 

Sikap itu dilakukan karena artis kecewa dengan pihak pemerintah yang terkesan tidak peduli dengan maraknya praktek penyalahgunaan hak cipta. 

Padahal hampir setiap hari artis mengeluh karya cipta mereka berupa lagu dan film dibajak dengan begitu mudah, yang kemudian membuat artis rugi besar. Namun herannya, keluhan para artis tak ditanggapi dan mereka tetap saja diburu buru pajaknya. 

Mestinya, kata Anang di jakarta kemarin,  tidak perlu lagi artis bersikap kucing kucingan kepada petugas pajak. Artis bisa langsung menjelaskan kepada pihak pemerintah bahwa akibat karya cipta mereka dibajak, pendapatan mereka sebagai artis merosot tajam. 

“Dan dalam posisi begitu pihak pemerintah harus introspeksi. Kalau belum bisa berbuat banyak mengatasi praktek pembajakan, ya berilah keringanan keringanan artis mengatasi pajaknya. Jangan diburu buru terus seolah kesalahan hanya ada di pihak artis,” ujar suami penyanyi Ashanti ini.

Lebih jauh Anang yg kini duduk di komisi X DPR menilai, penyebab banyak artis suka bersikap kucing kucingan dengan petugas pajak, ternyata tidak sedikit oknum perpajakan yang suka culas. Uang pajak diambil dari kalangan artis, namun ternyata tidak disetor ke negara, malah digunakan untuk kepentingan pribadi petugas pajak. 

“Cara seperti itu harus ditertibkan segera. Jika dibiarkan, dampaknya bukan saja artis menolak bayar pajak, tetapi juga warga lainnya akan ikut ikutan bersikap kucing kucingan menghindari petugas pajak,” kata Anang. (Tuti Kirana Dewi/Herman Ami) 

Posting Terkait