Al Azhar: Ekspresi Budaya Juga Bisa Dinikmati Lewat Foto

PEKANBARU (RiauInfo) – Budayawan Riau Al Azhar menyempatkan diri membuka secara resmi Pameran Fotografi Kebudayaan yang digelar di Mal SKA Pekanbaru. Acara pembukaan yang diadakan Kamis (24/4) sore itu berlangsung sangat sederhana namun hikmat.

Dalam kesempatan itu Al Azhar mengatakan, manusia di dunia memiliki kebudayaan sendiri-sendiri. Karena itu dunia sangat kaya akan kebudayaan. “Kemanapun kita melangkah di belahan bumi ini, pasti akan ditemukan kebudayaan,” ujarnya.

Makanya dia sangat menyambut baik Pameran Fotografi Kebudayaan yang menampilkan kreasi budaya dari berbagai belahan bumi. Melalui lensa kamera kebudayaan yang ada nun jauh di sana, direkam kemudian diekspresiasikan melalui karya fotografi.

“Meski hanya berbentuk fotografi, namun kita maih bisa menikmati ekpresi budaya yang terkandung di dalamnya,” ungkap Al Azhar lagi. Dari karya-karya fotografi ini, dapat membuktikan betapa kayanya kebudayaan yang dimiliki manusia di atas bumi.

Dalam kesempatan itu Al Azhar minta agar kegiatan semacam ini bisa terus dilanjutkan dimasa mendatang. Hal ini akan memiliki nilai positif, karena bisa memberitahukan ke khalayak bagaimana bentuk kebudayaan dari negara-negara lainnya.

Pameran itu sendiri digelar Conseil International des Organisations des Festival de Folklore et d’arts traditionnels (CIOFF) adalah organisasi murni bidang kebudayaan rakyat dibawah otoritas UNESCO, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), dari tanggal 24 hingga 27 April 2008.

CIOFF adalah organisasi murni bidang kebudayaan rakyat dibawah otoritas UNESCO, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). CIOFF berdiri sejak tahun 1970 di kota Confolens, Perancis bagian Selatan. CIOFF melakukan kegiatan setiap tahunnya untuk menyelenggarakan pertukaran budaya antar bangsa-bangsa dengan konsep perdamaian dunia.

CIOFF Riau National Sector, sejak tahun 2005, turut andil memperkenalkan Riau dalam bentuk kebudayaan dan kesenian rakyat ke pentas internasional. CIOFF Riau telah mengikuti berbagai event folklore antara lain di Kunming – China, Anseong – Korea Selatan, Confolens dan Cugand – Prancis, serta Pendik dan Taskopru – Turki.(Ad)


Rizki: