Aktifkan POSYANDU

725 views
BANGKINANG (RiauInfo) – Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Hj Mimi Gusneti bertekad mengaktifkan kembali POSYANDU dengan sosialisasi Kartu Menuju Sehat (KSM) POSYANDU terbaru tingkat Kabupaten Kampar di Aula kantor TP-PKK Kabupaten Kampar di Bangkinang, Kamis (26/05).

”Kondisi POSYANDU yang memprihatinkan saat ini merupakan tantangan bagi kita semua”, kata Hj. Mimi. “Padahal POSYANDU merupakan salah satu wahana yang diharapkan dapat menunjang dalam meningkatkan status gizi dan kesehatan masyarakat”.

“Untuk itu kita harus turut mengambil peran bersama-sama dalam menyelamatkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi dan kinerja POSYANDU kedepannya”, lanjutnya. “Oleh sebab itu, melalui sosialisasi KMS POSYANDU ini diharapkan masing-masing kader untuk bertukar informasi dan pengalaman agar pelayanan bisa lebih meningkat”.

Diakui Mimi dalam beberapa tahun terakhir, ada sebahagian POSYANDU yang kinerjanya menurun karena kader yang kurang berfungsi akibat kurangnya dana pendukung. “Kondisi seperti ini bagi tim penggerak PKK tentu merupakan hal yang sangat memprihatinkan, terlebih lagi para kader POSYANDU pada kenyataannya juga kader-kader PKK,” ujarnya.

Untuk itu, Ketua TP PKK mengajak dan menghimbau seluruh kader POSYANDU di daerah untuk mengaktifkan kembali POSYANDU yang kurang aktif.

“Ini merupakan langkah strategis, oleh sebab itu semua pihak perlu mendukung operasionalisasi POSYANDU yang berperan sebagai tempat berintegrasinya keswadayaan masyarakat dalam kegiatan ppeningkatan tumbuh kembang bayi dan balita,” paparnya.

Dengan demikian, nantinya mereka dapat tumbuh menjadi tunas bangsa yang berkualitas. “Posyandu juga diharapkan dapat menjadi wahana pemeliharaan kesehatan dasar bagi para ibu hamil, ibu menyusui dan wanita usia subur,” pesan Mimi.

Pada kesempatan tersebut Ketua Panitia Pelaksana Ny Hj Murdaniati Nurahmi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja kelompok kerja (pokja) IV TPP-PKK Kabupaten Kampar bidang kesehatan.

“Peserta sosialisasi terdiri dari kader POSYANDU dari setiap kecamatan sebanyak 42 orang. Tujuan digelarnya kegiatan ini untuk meningkatkan wawasan kader dalam pencatatan kegiatan melalui KMS POSYANDU yang dipisah antara balita laki-laki dan perempuan. Kemudian untuk meningkatkan ilmu pengetahuan kader POSYANDU tentang administrasi yang dilaksanakan pada setiap kegiatan,” sebutnya.

Sebagai narasumber adalah dr. Asmara Fitra Abadi yang membahas tentang KMS dan Jasniwati Herlyn yang membahas tentang pola hidup sehat dan bersih. (arief).

Posting Terkait