AKIBAT TEKANAN RENDAH… Gelombang Bayangi Pesisir Barat Sumatera

770 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tekanan rendah Samudera Hindia bagian Utara Pulau Sumatera telah mempengaruhi ketinggian air laut di sepanjang pesisir Barat Pulau Andalas, Rabu (25/02/2009) ini. Pengaruh tekanan rendah itu juga mengakibatkan ketinggian air laut berbeda-beda di perairan pesisir Barat Sumatera. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru mencatat ketinggian gelombang laut dari pesisir Utara hingga ke tengah Pulau Sumatera berkisar antara 1 hingga 1,5 meter. Posisi perairan itu diantaranya dari perairan Sumatera Utara hingga ke pantai Sumatera Barat.Sedangkan dari bagian tengah sekitar perairan Sumatera Selatan hingga perairan Lampung, ketinggian gelombang pasang meningkat mencapai 1,5 meter hingga 2,5 meter. Keadaan itu dinilai relatif berbahaya bagi pelayaran, terutama kapal kecil yang sering dibawa melaut bagi nelayan.

Staf analisa Marzuki mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dologsaribu mengatakan, tekanan rendah saat ini berada di sekitar wilayah Selatan Pulau Sumatera di Samudera Hindia. Tekanan rendah umumnya menimbulkan angin kencang dan cuaca buruk telah meningkatkan ketinggian air laut atau gelombang pasang tersebut.(Surya)

Posting Terkait